Akhirnya, PKS Dipecat dari Koalisi

Jakarta, Sayangi.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ternyata sudah dipecat dari keanggotaan di Sekretariat Gabungan (Setgab) sejak pertengahan pekan lalu. Kini mereka menunggu surat resmi dari pimpinan koalisi, Susilo Bambang Yudhoyono.

Politisi DPP PKS, Fahri Hamzah menyatakan, memang belum ada surat resmi yang diterima partainya terkait pemecatan itu. Hanya saja, kata dia, sudah ada seorang dari pihak istana yang menyampaikan tentang pemecatan PKS dari Setgab kepada salah seorang Menteri dari Partai Keadilan Sejahtera.

“Pertengahan pekan lalu, seorang dari Istana memberi tahu kepada seorang Menteri PKS kalau PKS sudah dikeluarkan dari Setgab,” kata Fahri di Kompleks Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/6).

Karena sudah mendapat bisikan pemecatan dari Setgab itu, maka partai yang dipimpin Anis Matta tersebut, menurut Fahri, membentuk Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) untuk melaporkan apa yang terjadi kepada Majelis Syuro PKS. PKS, kata Fahri, masih menunggu surat resmi dari Presiden SBY terkait pemecatan dari koalisi.

“Itulah perkembangan terakhirnya. Tentu ini kita anggap info yang valid dan serius, karena kami memang menunggu,” cetus Fahri. Saat ditanya siapa Menteri PKS yang menerima info tentang pemecatan tersebut, Fahri mengaku belum bisa disampaikan ke publik. Tapi yang jelas, info pemecatan dari anggota koalisi akan disikapi jika ada surat resmi dari Presiden SBY sebagai Ketua Setgab.

“Kalau ada surat, kita akan mengundang Majelis Syuro. Tentu ada hal-hal yang harus direspons. Tapi ini domainnya Majelis Syuro,” kata Fahri. (MSR)