Nikmatnya Pindang Meranjat yang Kaya Rempah

 

 

 

Lampung, Sayangi.com – Pindang Meranjat, mendengar namanya mungkin tak asing untuk mereka yang bertempat tinggal di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya. Pindang ikan patin yang memiliki kuah kaya rempah ini sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari Palembang. Namun, anda juga bisa menemukannya di Lampung. Bahkan makanan ini kini lebih populer di Lampung. Rasanya tak lengkap perjalanan Lampung anda jika tak singgah sejenak untuk mencicipi pindang ikan matin meranjat.

Disajikan meriah bersama dengan lalapan sayur yang beragam membuat pindang meranjat ini semakin menggoda untuk segera disantap. Lalapan sayur di Lampung memang memiliki kekhasan tersendiri. selain sayuran umum seperti kol, kemangi, daun selada, kacang panjang dan mentimun mentah, ada pula Umbu. Lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . Umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare, tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan. Selain itu, ada pula daun-daunan yang juga disajikan mentah dan segar seperti daun pepaya, daun jambu mete dan daun singkong rebus.

Tak lupa, jika menikmati pindang ini haruslah menyantapnya dengan sambal seruit, sejenis sambal terasi namun memiliki rasa pedas yang lebih pekat dan ada sedikit rasa manis jika dicecap. Atau, bisa juga mencicipi sambal tempoyak khas Palembang. Jika tak suka dengan aroma bahkan rasa durian, jangan coba-coba mencicipinya, sebab, sambal tempoyak merupakan hasil fermentasi daging buah durian. Rasanya sedikit asam dengan aroma durian yang masih cukup pekat. Satu lagi sambal yang bisa menemani pindang meranjat yang rasanya melegenda itu. Sambal dengan jeruk yang rasanya segar dan pedas.

Pindang Meranjat memang instimewa. Selain karena daging ikannya yang masih lembut tetapi tetap segar karena memasaknya dengan waktu yang tepat membuat mulut tak berhenti mengunyah dan menambahkan sesendok demi sesendok nasi putih hangat. Tak cuma itu, kuahnya yang penuh rempah jika dipadukan dengan daging ikan dan kemangi akan menjadi perpaduan yang meledakkan mulut saking enaknya. 

Jadi, jangan cuma keripik pisang atau sambal Lampung yang menjadi buruan ketika berada di Lampung. Pindang meranjat yang terdiri dari dua pilihan ikan, ikan baung dan ikan patin ini bisa menjadi buruan pertama. Bukan untuk dijadikan oleh-oleh melainkan untuk dijadikan santapan makan siang anda. (FIT)