2013, Pemudik Diprediksi Naik Tujuh Persen

Pontianak, Sayangi.com – Pemerintah memprediksi pemudik lebaran tahun 2013 ini meningkat sebesar tujuh persen dibanding tahun lalu.

“Bisa tujuh persen naiknya dari tahun lalu,” kata Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan di sela-sela rakor MP3EI Koridor Kalimantan, seperti dikutip dari situs Kementerian Perekonomian, Rabu (12/6/2013).

Ia mengaku pihaknya dengan Kementerian Pekerja Umum (PU) telah melakukan peninjauan di sejumlah ruas arus mudik.

“Mulai dari jalur darat, kalau masih ada yang bolong-bolong akan segera diperbaiki hingga penyebrangan,” jelasnya.

“Yang paling serius, jalanan Jakarta menuju Semarang dan Pelabuhan Merak. Itu setiap tahun, bahkan tahun ini kita tambah satu dermaga lagi dan yang lama diperbaiki supaya tidak terlalu banyak antrean. Dulu kan sampi berapa kilo macetnya, itu karena sepeda motor.”

Khusus sepeda motor, jelas dia, karena tahun lalu terdapat sekitar 70 persen kecelakaan sepeda motor, maka sepeda motor akan dinaikkan kapal secara gratis.

“Mereka bilang, Rp50 ribu saja sudah sampai Semarang dengan istri dan barang-barang. Jadi kalau saya kasih harga Rp100 ribu mereka tidak mau tapi kalau saya kasih gratis, mereka banyak yang mau dan tenang, dikasih makan juga. Kapalnya akan menggunakan kapal angkatan laut dan Pelni,” jelasnya.

Tidak hanya melalui kapal, diakuinya, pemerintah pengangkutan pemudik bersepeda motor dengan kereta api. Jika rencana itu terlaksana kata dia, kereta api juga disediakan gerbong khusus sepeda motor.

Walaupun wacana pengangkutan sepeda motor dengan menggunakan Kapal dan Kereta api baru diterapkan tahun ini, ia optimis langkah tersebut dapat berjalan lancar.

“Memang agak ribet tetapi nanti dikawal Polantas, soalnya tahun lalu kita coba bisa kok,” pungkasnya.