Pemerintah Canangkan Maloy Kaltim Jadi KEK

Pontianak, Sayangi.com – Pemerintah mencanangkan Maloy di Kalimantan Timur menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Maloy akan dicanangkan seperti KEK Sei Mangkei di Sumatera Utara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pencanangan itu sudah bulat oleh pemerintah. Hanya saja ia berharap setelah ditetapkan menjadi KEK, langsung terdapat investasi yang mengikuti perkembangannya.

“Maloy sudah dalam radar kita untuk menjadi KEK, saya tidak ingin KEK kita tetapkan tapi belum memiliki investasi yang masuk. Kita ingin seperti Sei Mangkei, kita tetapkan langsung Unilever groundbreaking dan diikuti PTPN yang membagun,” katanya usai Rapat Kerja MP3EI Koridor Kalimantan di Pontianak, Rabu (12/6/2013).

Ia meminta agar Maloy tidak terlunta-lunta dan jangan sampai tidak berkembang. Oleh karena itu, semua pihak yang terkait harus berhati-hati dan memastikan semua dapat berjalan secara mestinya.

“Kita harapkan tahun ini ya harus bisa kita tetapkan jadi di Kalimantan dan Sulawesi kita tetapkan (menjadi KEK),” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Kerja MP3EI Koridor Kalimantan Suswono mengatakan lambatnya proses penetapan KEK, karena Maloy juga belum siap. Misalnya mengenai peruntukan lahan KEK yang belum siap dan percepatan penyiapan data dukung secara lebih intensif dan lengkap terkait dengan penetapan investor dan delineasi wilayah KEK di Maloy.

“Perlu juga penyiapan dokumen usulan penetapan KEK  (Kawasan Industri Mandor-Kalbar dan Kawasan Industri Terpadu Mekar Putih, Kota Baru) oleh Provinsi Kalbar dan Kalsel, dan koordinasi intensif untuk memperoleh dukungan dari Dewan KEK Nasional.”