Pleno KPUD OKI: Iskandar–M.Rifai Menang Satu Putaran

Kayuagung, Palembang, Sayangi.com –  Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi pilkada OKI oleh KPUD OKI di Gedung Sport Centre Kayuagung,  Selasa (11/6), menetapkan pasangan calon no urut 4 Iskandar –M Rifai sebagai pemenang dengan perolehan suara  124.050 atau 30.72%.

Berdasarkan hasil rekap tersebut, pasangan calon yang didukung PAN, Hanura, PKB dan beberapa partai kecil lainnya ini menang di 8 Kecamatan, yakni di Kecamatan  Pedamaran, Pedamaran Timur, tanjung lubuk, SP Padang, Jejawi, Pangkalan Lampam, Pampangan dan tulung selapan.

Sementara itu, suara terbanyak kedua diraih pasangan nomor urut 5 Hj Tartila Ishak- Arif Akhadi dengan perolehan suara sebanyak 102.858 atau 25.47%. Perolehan suara lainnya adalah pasangan Zaitun Mawardi- Herman Thalib 95.930 atau 23.75%, selanjutnya nomor urut 6 Yusuf Mekki- Trikuncoro Hadilukito 63.344 atau 15.68%. Sementara dua cabub-cawabup yang maju melalui jalur independen Bahir Alamsyah – Baharudin Ali  7.101 atau 1.75% dan Sri anggraini- Suyahman 10.570 atau 2.62%.

Perhitungan suara ini dihadiri saksi dari 6 kandidat, dua diantaranya yakni saksi nomor urut 3 dan 5 merasa keberatan karena mereka menduga  ada kecurangan yang dilakukan oleh salah satu calon  selama pilkada berlangsung.

Ketua KPUD OKI Abdul Hamid Usman yang memimpin langsung perekapan hasil suara dari PPK di KPUD mengatakan, tidak menjadi masalah jika ada beberapa saksi calon bupati tidak menerima dan tidak menandatangani berita acara tersebut karena tidak akan mempengaruhi tahapan pilkada yang berlangsung. Bagi yang keberatan bisa mengajukannya ke MK.(RH)