Protes Perluasan Emisi Karbon: Bersepeda Telanjang

Mexico city, Sayangi.com – Mengungkapkan protes bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dari yang biasa  saja sampai yang ekstrim. Seperti yang terjadi di kota Meksiko beberapa waktu lalu ini. Ribuan warga Meksiko ini bersepeda dalam keadaan telanjang guna memprotes perilaku pengedara mobil yang bersikap ugal – ugalan dan juga peningkatan yang agresif akibat emisi karbon kendaraan bermotor.

Ribuan warga ini sebagian telanjang dari kepala hingga kaki dan ada juga sebagian lagi yang hanya menggunakan celana dalam, selain itu juga ada yang tubuhnya ditempeli stiker dengan slogan slogan yang isinya memprotes mengenai isu masalah tersebut. Jarak yang ditempuh dalam bersepeda telanjang ini lumayan jauh sekitar 20 km ke Guadalaraja, Jalisco.

Gerakan tidak biasa ini sudah dimulai sejak 9 tahun yang lalu di Kanada dan semenjak saat itu selalu diperingati setiap tahun di berbagai kota berbeda di dunia. Dengan bersepeda sambil telanjang ini para demontran ingin menyampaikan pesan betapa rawannya keadaan dan resiko berada dijalan raya apabila pengguna kendaraan bermotor masih bersikap ugal – ugalan dan seenaknya saja. Selain itu juga betapa berbahayanya polusi udara yang disebabkan oleh para kendaraan bermotor tersebut.

Seperti dikutip BBC, panitia kegiatan unik ini mengatakan bersepeda tanpa baju itu menunjukan betapa ringkihnya tubuh manusia, sehingga diharapkan para pengguna kendaraan bermotor dapat memperhatikan keselamatan dan keamanan para pengguna sepeda di jalan – jalan raya. Jalisco sendiri belakangan ini selalu menjadi taun rumah dari berbagai kegiatan yang dinilai provokatif, dimana sebelumnya juga Jalisco sempat menjadi tuan rumah untuk parade kaum gay terbesar di meksiko (FIT/BBC)