Israel Bangun Ratusan Rumah di Tepi Barat

Jerusalem, Sayangi.com – Israel sedang mengupayakan persetujuan untuk membangun ratusan rumah bagi pemukim di utara permukiman Itamar dan Bruchin di Tepi Barat, kata laporan media Israel pada Kamis.

Surat kabar Jerusalem Post mengatakan bahwa rencana untuk membangun 538 rumah baru di Itamar dan melegalkan 137 unit yang ada diserahkan kepada otoritas perencanaan daerah pada pekan ini. Harian Haaretz menempatkan angka 537 dan 130 masing-masing.

Post mengatakan bahwa juga diajukan untuk ditinjau rencana pembangunan 550 rumah baru di Bruchin, bekas pos terluar pihak berwenang yang berlaku surut pada April dalam keputusan yang menimbulkan pernyataan “keprihatinan” dari kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton.

Tindakan terakhir terjadi pada saat Amerika Serikat bekerja untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdamaian aktif antara Israel dan Palestina di mana pembangunan permukiman Israel menjadi masalah utama.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah diperkirakan akan mengunjungi Israel dan para pemimpin Palestina pekan ini, tetapi Departemen Luar Negeri mengatakan dia menunda perjalanan untuk fokus pada pembicaraan tentang Suriah.

Para pejabat AS bersikeras Kerry tetap sepenuhnya terlibat dalam upaya itu, dan mengatakan bahwa ia berencana untuk menjadwal ulang perjalanannya sesegera mungkin.

Namun menteri luar negeri AS telah memperingatkan bahwa dia tidak siap untuk membuat perjalanan tak berujung, sia-sia, dan mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu serta Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk membuat “keputusan-keputusan sulit itu” yang dibutuhkan guna memulai kembali pembicaraan perdamaian yang dibekukan sejak 2010. (FIT/Ant)