Karena Soekarno, Bandung Dipilih Sebagai Tempat Kongres

Jakarta, Sayangi.com – Tampaknya marwah Soekarno itulah yang menjadi pertimbangan, kenapa Kongres Relawan Jokowi se-dunia memilih tempat  di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo  (Jokowi), tokoh kerakyatan yang elektabilitasnya melambung belakangan ini tampaknya  dianggap sepadan dengan Soekarno. “Jarang tokoh seperti dia, mau menyerap langsung aspirasi masyarakat bawah dengan cara blusukan,” ucap Tommy Diansyah,  seorang panitia saat beranjangsana ke kantor Sayangi.com, Kamis (13/6) ini.

Sejumlah kalangan, termasuk Tommy sepakat, sejatinya Jokowi itu anak ideologis Bung Karno dalam arti yang sesungguhnya. “Kota Bandung adalah kota ideologisnya Bung Karno, di kota ini pula ideologi Marhaen dilahirkan, dan Jokowi saya anggap sangat menaruh perhatian kepada kaum Marhaen,” timpal Tommy yang asal kota Palembang.

Kerinduan masyarakat terhadap sosok Soekarno, imbuh Tommy, terobati dengan hadirnya sosok Jokowi . Keduanya type pejuang di era dan jamannya masing-masing.  Kedua-duanya ingin mengentaskan masyarakat dari jerat penindasan dan kubang kemiskinan.

“Mudah-mudahan dari Gedung Indonesia Menggugat ini keberanian  Soekarno menular ke Jokowi,”  harap Tommy yang juga ikut aktif mengkoordinir perhalatan itu.

Tentang peserta, acara yang dijadwalkan terselenggara di hari Sabtu, 15 Juni nanti, mulai pukul 09.00 hingga selesai itu, akan dihadiri setidaknya oleh 670 peserta, baik dari tanah air meupun belahan dunia lainnya.

Peserta asal luar negeri datang dari Amerika Serikat, Kanada, Belgia, Australia, Taiwan, Hongkong, dan Arab Saudi. “Setidaknya tercatat 160 peserta asal luar negeri yang sudah konfirmasi,”  pungkas Tommy. (Mardikanto)