Ayatollah Khamenei Ucapkan Selamat Pada Rohani

Teheran, Sayangi.com – Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei mengucapkan selamat kepada Hassan Rouhani pada Sabtu (15/6) sebagai presiden baru Republik Islam tersebut, demikian laporan Press TV.

Rouhani meraih 18.613.329 suara dari sebanyak 36.704.156 suara yang dihitung, atau 50,7 persen dari seluruh suara. Sebanyak 72,2 persen pemilih memberi suara mereka dalam pemilihan presiden pada Jumat (14/6) di Iran.

Di dalam satu pesan yang dikeluarkan pada Sabtu, Khamenei mengatakan, “Rouhani adalah presiden seluruh bangsa dan rakyat Iran adalah pemenang sesungguhnya,” katanya dalam pemilihan umum tersebut.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada rakyat Iran karena partisipasi mereka dengan banyaknya jumlah mereka yang datang memberi suara, demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi. Menurut Khamenei, kenyataan itu “memudarkan rencana” musuh Iran, kata Press TV.

Pada Jumat, Khamenei mengatakan musuh Iran bermaksud “mengecilkan hati rakyat Iran” sehingga “mereka tidak mendatangi tempat pemungutan suara” dan mendesak “Rakyat Iran agar tak mempedulikan upaya musuh untuk membuat perpecahan.

Pemimpin Spiritual Iran itu membantah komentar yang baru-baru ini dikeluarkan para pejabat AS mengenai pemungutan suara di Iran dan mengatakan, “Kami tidak peduli dengan Amerika. Kami tak peduli jika mereka menganggap pemilihan umum di Iran tidak sah karena ini negara kami,” tegasnya. (FIT/Ant)