Wow… Perekonomian Indonesia Masuk 15 Besar Dunia

Manado, Sayangi.com – Menteri Perdagangan(Mendag), Gita Wirjawan mengatakan, saat ini perekonomian Indonesia merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-15 di dunia. Urutan itu jika dihitung sejak 2012 hingga 20 tahun ke depan, yakni dengan nilai Rp10.000 triliun pada tahun 2012.

“Bila diakumulasi perekonomian Indonesia dari tahun 2012 hingga 20 tahun, ke depan nilainya dapat mencapai Rp600.000 triliun. Dengan konsumsi domestik yang mencapai 60 persen, potensi pasar domestik Indonesia sangat besar,” kata Gita saat memberikan kuliah umum bertajuk revitalisasi produk dalam negeri dan perspektif kepemimpinan nasional 2014, di Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano, Minahasa, Selasa (18/6/2013).

Menurutnya, tantangan Indonesia ke depan adalah bagaimana mengisi pasar senilai Rp360 triliun tersebut dengan produk-produk buatan Indonesia. Di zaman yang serba digital ini, Indonesia kata dia, harus dibangun menjadi bangsa dan negara yang produknya mampu bersaing dengan produk-produk negara lainnya.

“Jangan sampai kalah dengan Korea yang sudah dapat membangun smartphone merek Samsung. Jangan sampai kita (bangsa Indonesia) hanya dapat mengkonsumsi produk-produk elektronik buatan luar negeri,” jelasnya.

Ia memberikan contoh pentingnya sebuah inovasi, biaya produksi sebuah iPhone itu hanya USD 10 atau sekitar Rp100 ribu. Sementara harga jualnya lebih dari USD400 atau sekitar Rp6-8 juta di Indonesia.

“Di sini kita dapat melihat bahwa inovasi Steve Job itu dinilai USD 390 per unit iPhone, sedangkan produsennya hanya dibayar USD 10 per unit iPhone yang diproduksinya,” terangnya.

Saat ini hak paten yang dikeluarkan Indonesia pada tahun lalu masih di bawah 500 buah. Jumlah tersebut sangat kecil dibandingkan dengan Jepang yang telah mengeluarkan hak paten sekitar 60.000 buah.

Hak paten kata dia, mencerminkan intelektual bangsa. Oleh karenanya, Indonesia harus terus berupaya meningkatkan hal tersebut dengan melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.