Bom Bunuh Diri Pakistan Tewaskan 34 Orang

Peshawar, Sayangi.com – Jumlah korban tewas akibat serangan bunuh diri di satu pemakaman di Pakistan meningkat menjadi 34 orang pada Rabu setelah tujuh korban meninggal semalam di rumah sakit, kata polisi.

“Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 34, tujuh lainnya yang luka kritis telah meninggal di rumah sakit,” kata pejabat polisi Tahir Ayub kepada AFP.

Sebanyak 43 orang lainnya hingga kini masih dirawat karena cedera di rumah sakit setelah serangan Selasa di kota Shergarh di Kabupaten Mardan, 145 kilometer (90 mil) di barat laut Islamabad.

Pembom itu menyerang pada saat para pelayat berkumpul untuk melakukan acara pemakaman bagi pemilik satu stasiun bahan bakar setempat.

Belum ada pihak-pihak yang mengklaim bertanggungjawab, tetapi polisi mengatakan target serangan adalah Imran Khan Mohmand, seorang anggota parlemen independen di DPRD Provinsi Khyber Pakhtunkhwa yang memenangkan kursi dalam pemilu bulan lalu.

Khyber Pakhtunkhwa adalah garis depan tujuh tahun pemberontakan Taliban dan berbatasan dengan daerah suku semi-otonomi, di mana pesawat tak berawak AS menyerang sasaran daerah operasi Taliban dan Al-Qaida.

Washington menganggap daerah suku adalah pusat utama gerilyawan Taliban dan Al-Qaida untuk merencanakan serangan-serangan terhadap Barat dan di Afghanistan.

Menangani gerakan militansi dalam negeri merupakan salah satu tugas utama pemerintah baru Pakistan, yang dilantik pada awal bulan ini setelah pemilu.

Lebih dari 6.000 orang telah tewas dalam serangan di Pakistan dalam enam tahun terakhir, menurut hitungan AFP.

Serangan pada Selasa adalah yang paling mematikan sejak serangan bom di daerah Muslim Syiah Karachi pada 3 Maret yang menewaskan 50 orang. (FIT/Ant)