PDI Perjuangan Gelar Rapat Bahas Pengganti TK

Foto: Profhendrawan.com

Jakarta, Sayangi.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) belum memutuskan nama pengganti almarhum Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas (TK). Namun partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri itu sudah menginventarisir nama-nama yang akan menggantikan Taufiq Kiemas.

Politisi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan bahwa PDIP terus mengadakan rapat intensif dalam membahas nama-nama yang akan menggatikan jabatan TK, sapaan akrab Taufiq Kiemas, sebagai Ketua MPR.

“Sebenarnya bukan kapasitas saya yang menjawab soal itu. Tapi saya mendengar sedang dilakukan rapat intensif untuk membahas soal itu,” kata Hendrawan di Komplek Gedung DPR, Senayan, Jakarta (3/7).
Saat ditanya siapa nama-nama yang berpotensi menggatikan TK, Hendrawan tidak memastikan. Dia hanya mengatakan partainya sudah melakukan inventarisir nama-nama kader PDI Perjuangan.

“Itu kan bisa dengan mudah ditentukan nama-nama itu. Anda bisa melihat daftar nama-nama yang sudah cukup senior. Senior itu dalam pengertian sudah lebih dari dua kali jadi anggota dewan, usianya juga tidak dibawah 40 tahun. Yang paling senior Pak Sidarto, Tjahjo Kumolo, Prakosa, Adang Ruhyatna, Muhammad Nurdin, dan Pramono Anung. Kalau yang lebih muda sedikit ada Mbak Puan Maharani,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan jika partainya sudah memutuskan pengganti TK maka PDIP menginginkan pelantikan pengganti TK diselenggarakan bersamaan dengan tanggal Dekrit Presiden Soekarno 5 Juli 1959 yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2013 nanti.

“Tanggal 5 kan Dekrit Presiden. kalau bisa tanggal 5 kenapa tidak tanggal 5 saja. Iya kan. Ada spirit konstitusi dan amanat founding father di sana,” kata dia. (HST)