Timwas Century Desak BPK Buka Hasil Audit

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Tim Pengawas Bank Century (Timwas) DPR RI mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk membuka hasil audit tentang kemana saja aliran uang dari skandal kasus Bank Century. Fahri menyatakan sebagai anggota Timwas dirinya samasekali tidak pernah menerima laporan audit dari BPK.

Fahri Hamzah mempertanyakan apa yang sudah ditindaklanjut BPK dalam mengaudit aliran dana dari kasus korupsi yang menelan kerugian negara senilai Rp6,7 triliun tersebut. “Terus terang saya belum pernah ada laporan dari BPK tentang ini. Saya tidak pernah merasa ada laporan tindaklanjut dari BPK tentang Kasus Century. Itu saja masalahnya,” kata Fahri saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan BPK, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/7).

Menanggapi pernyataan Fahri Hamzah itu, Ketua BPK Hadi Purnomo mengatakan Timwas Century memang belum pernah meminta hasil audit aliran dana atas kasus yang diduga melibatkan pejabat negara itu. apalagi, kata Hadi, tidak ada ketentuan yang mengatur tentang apakah BPK diwajibakan menyerahkan hasil auditnya kepada Timwas.

“Timwas belum pernah meminta. Dan tidak ada ketentuan. Kalau Timwas meminta untuk konsultasi. Tapi baik APH kepada pejabat dua-duanya dipantua dan dilaporkan kepada¬† DPR. A da dan lengkap, Pak,” jawab Hadi. (HST)