PDI: Sidarto Danusubroto Gantikan Taufiq Kiemas

Jakarta, Sayangi.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya menetapkan Sudarto Danusubroto untuk menggantikan posisi almarhum Taufiq Kiemas menjadi Ketua MPR RI. Keputusan PDIP memberikan amanah kepada Sudarto itu sudah dipertimbangkan secara matang baik melalui rapat fraksi maupun DPP PDIP sendiri.

“Tadi saya diundang PDIP. Pengganti Pak Taufiq Kiemas Pak Sidarto. Saya makan snack bareng ibu (Megawati Soekarno Putri, red),” kata politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul di Komplek Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Ruhut menghormati apa yang menjadi keputusan partai yang dipimpin Megawati memberikan amanah kepada Sudarto menggatikan jabatan almarhum bapak empat pilar bangsa tersebut.

“Kita baik-baik semua. Kita menghormati keputusan PDIP. Acaranya tadi lancar-lancar saja,” kata Ruhut yang juga anggota Komisi III DPR RI itu.

Dikatakan Ruhut, persyaratan administrasi PDIP belum selesai terkait penggantinya TK — sapaan akrab Taufiq Kiemas. Namun, kata Ruhut, persyaratan administrasi untuk menuju kepelantikan Sudarto bisa saja diselesaikan dalam waktu dekat ini.

“Tinggal administrasinya mereka belum. Apa besok sudah selesai. Dan tanggal 5 besok pelantikannya karena 30 hari batas waktunya,” tutup Ruhut.

Irjen Pol (Purn) Sidarto Danusubroto adalah mantan ajudan Bung Karno. Dia merupakan alumnus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta 1962. Dia terpilih kembali sebagai anggota DPR dalam Pemilu 2009 dari dapil Jawa Barat VIII yang meliputi Kabupaten dan Kota Cirebon serta Kabupaten Indramayu. (HST)