Presiden Transisi Dilantik, Mursi Masih ‘Keukeuh’

Foto/Ilustrasi: Antara

Kairo, Sayangi.com – Koran milik negara, Al-Ahram, mewartakan bahwa Presiden  Mohamed Moursi telah dipaksa untuk memilih mengundurkan diri atau dimundurkan dari kekuasaannya Rabu ini. Meskipun saat ini telah dilakukan pelantikan Presiden transisi baru, Mursi yang saat ini sedang menjalani tahanan rumah bersikeras menolak pengunduran dirinya.

Koran milik pemerintah Mesir ini melaporkan bahwa peta jalan yang dirancang militer Mesir akan mendudukkan tiga orang anggota dewan kepresidenan yang akan diketuai Ketua Mahkamah Agung.

“Al-Ahram memahami bahwa dengan berakhirnya batas 48 jam dari angkatan bersenjata, itu akan menjadi jam-jam menyulitkan bagi Moursi karena dihadapkan pada dua pilihan sulit. Moursi mengumumkan pengunduran dirinya atau deklarasi pemundurannya melalui peta jalan untuk masa depan yang dirancang angkatan bersenjata,” tulis Al-Ahram.

Al-Ahram mengungkapkan bahwa peta jalan itu akan membentuk pemerintahan transisi yang netral yang dikepalai oleh seorang pemimpin militer. Masa transisi akan berlangsung antara  sembilan sampai 12 bulan dalam mana satu konstitusi baru dirancang sebagai jalan menuju pemilihan presiden. (FIT/Ant)