Ini Dia Pengganti Mursi

Foto: Reuters

Kairo, Sayangi.com – Presiden transisi Mesir, Mostashar Adly Mansour, resmi dilantik pada Kamis (4/7), sehari setelah Angkatan Bersenjata melengserkan presiden Mohammad Moursi pada Rabu (3/7) malam. Pria kelahiran Kairo berusia 68 tahun tersebut saat ini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Mansour secara resmi baru menjabat sebagai ketua MK pada awal bulan ini, menggantikan Mostashar Maher Al Bahri yang telah memasuki masa pensiun. Lebih dari 10 tahun Mansour menduduki posisi sebagai orang kedua di lembaga bergengsi tersebut.

Naskah profil yang dibagikan kepada wartawan menyebutkan bahwa sejak tahun 1970, Mansour menjadi anggota penasehat hukum di lembaga kepresidenan dan beberapa lembaga negara setempat.

Di samping di Lembaga Kepresidenan, Mansour juga pernah dilibatkan sebagai penasehat legislasi di Kementerian Waqaf, Kehakiman, Luar Negeri, Pendidikan dan Kementerian Perdagangan.

Mansour memperoleh ijazah master di bidang hukum dari Cairo University tahun 1967. Selain di bidang hukum, Mansour juga meraih ijazah master di bidang manajemen di Cairo University. Langkah awal Presiden Mansour akan membentuk pemerintahan transisi dan komite penyusunan konstitusi baru. (FIT/Ant)