Kerlap Kerlip Lampion di Candi Arjuna

Foto: Tri Hartiningsih/Sayangi.com

Banjarnegara, Sayangi.com – Festival lampion di acara keagamaan Waisak 2013 boleh saja gagal karena hujan lebat. Tapi rupanya ada pesta-pesta lampion lainnya yang bisa anda sambangi di berbagai daerah. Dataran Tinggi Dieng yang terletak antara Wonosobo dan Banjarnegara adalah salah satu kawasan wisata yang menyuguhkan pesta lampion tak kalah menariknya di acara Dieng Culture Festival.

Lampion yang diterbangkan memang tak sebanyak di acara Waisak, namun sukses mengundang impresi pengunjung yang malam itu sedang menikmati pagelaran wayang kulit disekitar pelataran komplek candi Arjuna. Acara pesta lampion dan kembang api ini digelar tepat pada malam sehari sebelum puncak acara, dan merupakan rangkaian dari acara pembukaan Dieng Culture Festival 2013. Adapun acara menarik lainnya ada pagelaran tari tradisional Dieng, pagelaran wayang kulit, dan pagelaran seni budaya lainnya.

Ratusan lampion warna-warni diterbangkan bersama-sama oleh peserta Dieng Culture Festival. Penerbangan lampion-lampion cantik itu diselenggarakan didalam komplek Candi Arjuna, desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Menakjubkan, malam itu Candi Arjuna nampak menyala ditengah gelap. Diiringi oleh lantunan musik tanah jawi dan semilir angin pegunungan. Sungguh acara yang berkesan. Jadi jangan lewatkan mengunjungi festival ini tahun depan ya. (FIT)