Cavendish Koleksi 24 Kemenangan Tahapan

Foto: Antara

Marseille, Prancis, Sayangi.com – Mark Cavendish meneruskan kiprah mengesankan dalam perlombaan Tur Prancis, ketika pebalap Inggris itu mendekati rekor kemenangan tahapan setelah tampil tercepat pada sprint tahapan kelima yang berlangsung Rabu.

Pebalap dari Tim Omega Pharma-Quick Step itu melahap tahapan kelima sepanjang 228.5 kilomter dari Cagnes ke sur-Mer dengan mengalahkan pesaing dari Norwegia Edvald Boasson Hagen dan dari Slovakia, Peter Sagan.

Cavendish, yang mengumpulkan 24 kemenangan tahapan dalam Tur, kini terpaut jumlahnya dengan yang dibuat Eddy Merckx.

“Terus terang saja, sprint hari ini amat sulit bagi saya. Saya kurang bagus tapi saya berhasil melakukannya, kata pebalap itu kepada wartawan.

Cavendish, yang berjuang keras mengatasi bronhitis yang pernah menyerangnya, berterima kasih kepada pebalap Prancis Sylvain Chavanel serta atlet dari Jerman Tony Martin, yang sempat berada di depannya, kemudian ia melewati mereka pada lima kilometer terakhir.

“Saya sudah merasa baikan tapi belum 100 persen sehat dari penyakit saya minggu lalu. Tapi kami harus melakukan yang terbaik yang dapat kami buat,” kata Cavendish, yang melakukan hal sama seperti pada lomba 2008, 2010 dan 2011, ketika harus menunggu hingga tahapan kelima baru dapat memenangi lomba.

“Saya gembira, kami memenuhi target kami hari ini. Begitu banyak sprinter bagus dan pernah memenangi lomba di Marseille dan Mark, yang menoreh catatan sejarah balap sepeda, ingin agar namanya dikaitkan juga dengan Marseille,” kata Manajer Tim Omega Pharma-Quick Step, Patrick Lefevere, kepada wartawan.

Perlombaan tahapan keenam sepanjang 176,5 kilomter dari Aix-en-Provence ke Montpellier akan berlangsung Kamis waktu setempat. (RH/ANT)