Pembalap F1 Ancam Boikot Kalau Masalah Ban Tetap Berlanjut

Foto: Antara

Nuerburgring, Jerman, Sayangi.com – Para pebalap Formula Satu (F1) akan mundur dari perlombaan Jerman GP akhir minggu ini bila masalah ban seperti meletusnya ban mobil pada Inggris GP, Minggu, terjadi lagi, kata Asosiasi Pebalap Grand Prix, Kamis.

Dalam temu pers sebelum Jeman GP, pebalap menyatakan keyakinan mereka bahwa ban keluaran Pirelli mengurangi masalah yang terjadi. Tapi menyusul pertemuan asosiasi pebalap di pedok Nuerburgring, suara mereka semakin keras.

“Asosiasi Pebalap Grand Prix ingin menyuarakan hal lebih mendalam tentang kejadian di Silverstone,” bunyi pernyataan mereka.

“Kami mempercayai perubahan yang dilakukan terhadap penggunaan ban akan membawa hasil yang diinginkan dan masalah sama tidak akan terjadi lagi dalam Jerman GP minggu ini,” kata mereka.

“Kami siap mengendarai mobil kami sampai laju terkencang, seperti yang biasa kami lakukan, dan seperti diharapkan tim kami, spronsor dan pendukung kami,” bunyi pernyataan mereka.

“Tapi para pebalap memutuskan, bila masalah sama menerpa mereka pada Jerman GP, kami akan mengindari masalah yang membahayakan pebalap, marshal dan penonton, dengan cara meninggalkan perlombaan,” kata mereka.

Lima pebalap mengalami pecah ban Minggu dan potongan ban nyaris membahayakan Fernando Alonso di atas Ferrari. Ini meningkatkan kekhawatiran setelah rekan setim Felipe Massa cedera berat ketika dihantam benda keras pada pengaman kepalanya dalam lomba 2009. (RH)

Setelah adanya campur tangan badan otomotif dunia FIA, menyusul ancaman boikot pebalap, Pirelli membawa ban berbeda ke Nuerburgring, yang lapisan di dalamnya terbuat dari sintetis fiber Kevlar, bukan terbuat dari baja. (RH/ANT)