BRI Tambah Penyertaan Modal BRI Syariah Rp500 Miliar

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, terus menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan perbankan syariah. Ini terlihat dari langkah BRI melalui anak perusahaannya, Bank BRI Syariah menambah penyertaan porsi sahamnya sebesar Rp 500 Milyar pada 26 Juni lalu. Dengan demikian, modal disetor BRI Syariah meningkat dari Rp979Milyar menjadi Rp.1,479Triliun.

“Dukungan Bank BRI kepada BRI Syariah tidak hanya pada penyertaan modal, tapi juga penyelenggaraan event-event bersama dengan BRI di masa depan. Ini menjadikan BRI Syariah bagian penting dari strategi bisnis Bank BRI,” kata Lukita T. Prakasa, Corporate Secretary Bank BRI Syariah kepada wartawan di Gedung BRI Pusat, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Penambahan modal dari Bank BRI, kata dia, akan menaikkan capital adequacy ratio (CAR) BRI Syariah dari 11 persen di bulan Mei (10,5 persen di bulan Juni jika tidak ada penambahan modal) menjadi 15 persen. Lukita menjelaskan, Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) di BRI Syariah menjadi lebih tinggi, sehingga lebih leluasa mengembangkan bisnis, terutama di sektor Komersil/Corporate tanpa meninggalkan core business di sektor ritel.

“Dengan penambahan modal ini. BRI Syariah lebih optimis untuk mencapai target aset di akhir tahun 2013 sebesar Rp22 Triliun dengan target pembiayaan sebesar Rp18,5 Triliun, naikĀ  63.9 persen dari tahun 2012,” papar Lukita.

Diketahui, saat ini aset BRI Syariah mencapai Rp15 Triliun dan portofolio Pembiayaan mencapai Rp13 Triliun. Selanjutnya penambahan modal ini akan dipergunakan BRI Syariah untuk mengembangkan kinerja bisnis BRISyariah melalui ekspansi pembiayaan dan pembukaan kantor cabang di seluruh Indonesia.

Sampai dengan akhir Juni 2013, BRI Syariah sudah memilikiĀ  50 KC, 165 KCP, 8 KK, 363 KLS. (MI)