Hiii… Menindik Bisa Membuatmu Infeksi Organ Serius

Foto/Ilustrasi: escortshere.com

Jakarta, Sayangi.com – Body Piercing atau yang lebih dikenal dengan tindik tubuh sudah sangat populer diberbagai kalangan baik tua apalagi kalangan muda. Telinga merupakan area yang paling umum digunakan untuk ditindik. Namun sekarang ini semakin banyak orang yang berani menindik ketempat-tempat lain yang seharusnya tidak boleh. Hal tersebut disebabkan oleh begitu luasnya area tubuh yang bisa ditindik, sehingga keinginan untuk menindik tubuhpun semakin tinggi.

Saat ini menindik bagian tubuh selain telinga sudah menjadi trend dikalangan masyarakat. Tapi sebenarnya tidak semua anggota tubuh dapat dengan mudahnya ditindik. Seperti pusar, putting, dan lidah, dan juga alat kelamin sebenarnya bukanlah anggota tubuh yang dapat atau diperbolehkan untuk ditindik. Menindik bagian tubuh ini merupakan sebuah keputusan yang serius dan mirip dengan membuat tatto, karenanya harus difikirkan masak-masak sebelum melakukannya. Hal tersebut disebabkan dapat memiliki resiko kesehatan.

Resiko secara umum dari menindik adalah:

• pendarahan, terutama didaerah bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah
• pembengkakan yang terjadi didaerah atau area seputar tindikan
• dapat menyebabkan timbulnya guratan keloid
• Dapat mengalami infeksi, dan infeksi yang paling buruk adalah terkena HIV, hepatitis B ataupun C. Infeksi ini disebabkan oleh penggunaan alat tindik yang berulang kali ataupun tidak steril.

Sementara untuk resiko dari menindik bagian tubuh yang seharusnya tidak boleh ditindik, antara lain :
• Tindik Lidah
Menindik bagian tubuh ini, dapat menyebabkan gigi merenggang, kerusakan gusi serta menjadi tempat kumpulnya bakteri. Selain itu perhiasan yang dipakai juga memiliki resiko tertelan.

• Tindik puting
Menindik bagian ini akan merusak beberapa kelenjar penghasil susu pada payudara perempuan yang masih muda. Hal ini tentu dapat menyebabkan infeksi atau masalah jika suatu hari ia akan menyusui bayinya

• Tindik Pusar
Menindik bagian tubuh ini sangat memungkinkan terjadinya infeksi karena iritasi dari pakaian ketat yang digunakan. Hal ini dikarenakan kulit pusar merupakan bagian yang sangat sensitif. Selain itu perhiasan pusar juga bisa terjebak pada pakaian. Iritasi semacam ini dapat menunda penyembuhan dan biasanya untuk tindikan pusar memakan waktu hingga satu tahun untuk dapat sepenuhnya sembuh.

• Tindik telinga bagian atas
Menindik bagian telinga tersebut lebih berbahaya karena terdapat tulang rawan disepanjang tepi telinga. Jika terjadi infeksi di bagian tulang rawan akan lebih sulit untuk diobati dan bisa memicu kecacatan pada telinga

• Tindik Alis
Menindik bagian tubuh ini sangat beresiko jika tidak dilakukan ditempat yang tepat. Tindik yang tepat di alis adalah 40 derajat dari sudut luar mata. Jika tempatnya tidak tepat maka akan memicu kebutaan atau mengalami kerusakan saraf karena pada daerah tersebut mengandung 3 saraf supra orbital besar.

• Tindik alat kelamin / area genital
Dengan menindik bagian ini aka merusak fungsi dari alat genital, terkadang dapat juga mengganggu ketika berhubungan sex ataupun ketika hendak buang air kecil, yang dirasakan adalah rasa sakit ketika melakukan aktivitas tersebut. Selain itu perhiasan didaerah genital dapat menyebabkan cedera pada anda ataupun pasangan seks anda. Hal ini juga dapat menjadi penyebab kerusakan kondom sehingga meningkatkan resiko kehamilan dan infeksi seksual menular. Tindikan dipenis juga dapat menurunkan kemampuan pria untuk mempertahankan ataupun juga mendapatkan ereksi

Untuk itu ada baiknya anda memikirkan masak – masak sebelum memutuskan untuk melakukan piercing atau tindik tubuh. Hal itu dikarenakan kerugian atau dampak negatif yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat. (FIT/NHS Choices)