Nikmatnya Ayam Goreng Klasik Ala Bu Min di Kampoeng Lima

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Kuliner nyentrik, tak bikin kantor irit dengan pilihan makanan yang beragam dan rasa sejuta tentu membuat siapapun tertarik untuk mampir. Di Jakarta Pusat, ada sebuah kawasan kuliner yang cukup dikenal bernama Kampoeng Lima atau biasa disebut juga dengan BSM Kampoeng Lima. Tempat ini menyajikan masakan nusantara yang relatif cepat saji dengan ragam jenis. Tak pelak, saat jam makan siang, tempat ini pasti penuh sesak oleh pegawai kantoran.

Terlatak di Jalan Sabang, kawasan ini berdiri sejak tahun 60-an. Sebelum terkenal dengan Kampoeng Lima, kawasan ini lebih dikenal dengan nama Gang Senggol. Kawasan yang konon dulu kumuh itu kini disulap menjadi super bersih, nyaman dan tertata rapi. Jeffery Hasbulah, ketua pengelola kawasan kuliner tersebut, Kampoeng Lima diresmikan sejak 2009 lalu.

Setidaknya ada 80 kios pedagang makanan dan minuman serta 30 kios pedagang multiguna dikawasan ini. Penasaran ingin mencicipi salah satu citarasa di Kampoeng Lima? Mampirlah ke kios Ayam Goreng Bu Min. Citarasa ayam gorengnya terlalu nikmat untuk dilewatkan. Setelah datang sekali, anda pasti ingin datang berkali-kali untuk mengulang kelezatannya.

Selain memiliki penggemar paling banyak, Ayam Goreng Bu Min adalah salah satu makanan yang tertua dikawasan ini, “Bu Min berdagang disini sudah sejak tahun 60/70-an,” terang Ipah, penerus citarasa Ayam Goreng Bu Min yang sekaligus merupakan menantunya. Selain citarasanya yang nikmat, penyajian ayam gorengnya tergolong unik. Tak hanya tersaji dengan lalapan dan satu jenis sambal, ayam goreng ini juga disajikan dengan bumbu kacang, sambal terasi, sambal tomat dan aneka sambal lainnya. Tak lupa, semangku kaldu ayam menambah sedap penganan satu ini. Harganya yang relatif murah, terjangkau untuk kantong pegawai di tanggal muda, hehehehe. Um, mendengar ceritanya saja sudah cukup membuat perut bernyanyi, apalagi mencicipi citarasanya.

Selain Ayam Goreng Bu Min, kamu bisa mencicipi makanan lainnya seperti bakso, soto, hingga ketoprak. Warung makan Prasmanan dan Ketoprak Robby adalah salah satu pilihan yang patut dicoba. Untuk makanan ringan ada pilihan makanan ringan seperti, jamur kremes, donat kentang ataupun martabak mini. Minumannya, cobalah es kelapa atau cendol Bandung.

Bagi kamu yang ingin bertandang kekawasan ini untuk makan siang, datanglah lebih awal sekitar pukul 11. Karena saat jam makan siang, kawasan ini penuh sesak oleh pegawai-pegawai kantoran. (FIT)