DPRD Hambat Usulan Tarif Jokowi

Foto : Emil

Jakarta, sayangi.com – Tarik ulur antara DPRD dan Pemprov DKI mengenai penyesuaian tarif angkutan umum ibukota kian rumit saja. Gubernur DKI Jakarta bahkan membiarkan sikap DPRD yg tak kunjung menandatangani usulan pemprov.

“Saya tidak akan mendesak dewan. Biar masyarakat saja,” ujar Jokowi saat di balaikota, Jum’at (5/7).

Permintaan DPRD agar adanya peningkatan layanan angkutan umum menurut Jokowi terus diupayakan pihaknya. “Tapi hal itu hendaknya tidak bisa dijadikan alasan dewan untuk tidak membahasnya,” tegas Jokowi.

Jika urusan tarif tak kunjung selesai, Jokowi tidak ingin pengusaha angkutan nantinya menaikan tarif secara sepihak sehingga merugikan warga.

Seperti diketahui sebelumnya, jauh jauh hari Pemprov DKI beserta Organda dan Dewan Transportasi Jakarta sudah sepakat atas penyesuaian tarif angkutan ibukota. Namun hal itu tak kunjung disetujui oleh DPRD.

“Sehari setelah kenaikan BBM suratnya kan sudah dikirim ke DPRD biar cepat dan tidak terjadi kenaikkan tarif sepihak,” ungkit jokowi.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan tetap ngotot minta perbaikan pelayanan angkutan umum oleh Dinas Perhubungan DKI.
“Rekomendasi dari gubernur tidak langsung dijadikan dasar dalam mengambil keputusan. Dewan tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan,” terang politisi dari Fraksi Partai Demokrat itu. (Deni Sudastika)