Tjipta Lesmana : Gita dan Pramono Bakal Bersaing di Konvensi Demokrat

Photo: antara

Jakarta, Sayangi.com – Dua nama, Pramono Edhie Wibowo dan Gita Wiryawan, diperkirakan akan bersaing ketat dalam Konvensi Partai Demokrat. Prediksi itu diungkap pakar komunikasi politik Prof. Dr. Tjipta Lesmana dalam acara peluncuran “Anatomi Kepresidenan RI I-VII” di Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta, kawasan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (5/7).

“Nama capres dalam konvensi partai berkuasa akan mengerucut kepada dua nama. Selain itu, kemungkinan besar hasil konvensi tersebut akan sangat dipengaruhi oleh Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono,” ungkap Tjipta Lesmana. 

Dua figur itu, lanjut Tjipta, memiliki nilai lebih masing-masing. Gita Wirjawan dinilainya berhasil menjalankan fungsinya sebagai Menteri Perdagangan RI.

“Di samping itu, dia memiliki daya tarik dengan yang bisa merebut simpati publik dengan keahlian memainkan piano. Gita memiliki jiwa seni yang tinggi,” kata dia.

Sementara mantan KSAD Pramono Edhie, masih menurut Tjipta, memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PD SBY. Meski sebelumnya, pihak partai membantah masuknya Pramono Edhie ke jajaran petinggi partai lantaran faktor kedekatan keluarga.

Akan tetapi, Tjipta memberikan kritik atas dua figur tersebut. “Gita sempat studi di AS selama sekitar 10 tahun hingga Bahasa Inggrisnya bagus sekali. Tapi saya menilai jika Gita sampai jadi Presiden RI berikutnya (pengganti SBY) maka Jakarta akan condong ke Washington,” kata dia.

Di lain pihak, Pramono Edhie dianggapnya kurang memiliki rekam jejak yang baik atau menorehkan prestasi yang mentereng di Indonesia terutama dalam kesehariannya sebagai figur Angkatan Darat.

“Prestasi Pramono saya pikir tidak sebaik Gita merujuk pada tugasnya masing-masing. Dengan kata lain, apabila maju sebagai capres, maka Gita yang lebih menjual (elektabilitas tinggi),” katanya.(Mard/Ant)