Cita Rasa Otentik Bakso Bihun Peranakan Asal Medan

Foto: Sayangi.com/Tri Hartiningsih

Jakarta, Sayangi.com – Sudah jadi rahasia umum, kawasan Kota yang mendapat julukan sebagai China Town-nya Jakarta memang banyak menawarkan kuliner-kuliner otentik Chinese yang istimewa. Bagi anda warga Jakarta atau yang kebetulan melintas di kawasan China Town, Kota, tak ada salahnya melipir ke kedai Bakso Bihun Akiaw 99 Medan, tepatnya di kawasan perempatan Olimo, arah Lokasari. Kedai Bakso ala Medan ini menyajikan cita rasa unik dari perpaduan aneka jenis bakso kuah, irisan daging sapi beserta aneka mie yang mengingatkan kita dengan jajanan peranakan di kota Medan.

Menu bakso yang ditawarkan sangat beragam. Masih dengan komposisi utama bakso kuah dan irisan daging sapi sebagai primadonanya, pengunjung dapat memilih mie sebagai teman makan yang paling serasi untuk si bakso. Ada mie bihun, kwetiau, dan mie kuning ala Medan yang bisa dipilih untuk alternatif.

Tak usah pusing jika tak suka dengan daging sapi, Bakso Akiaw 99 tak hanya menyediakan bakso sapi dan bakso urat, melainkan juga bakso ikan. Diantara menu yang ditawarkan, bakso sapi berkuah yang dilengkapi irisan daging sapi tetelan, di padu dengan mie bihun dan bumbu pelengkap lainnya adalah yang paling banyak diburu. Dengan Rp 32 ribu, kamu bisa mendapatkan seporsi bakso bihun yang membuat perutmu kenyang karena prosinya cukup banyak.

Penyajiannya juga unik, mie dan bakso atau irisan daging sapinya di sajikan dengan mangkuk berbeda. Satu mangkuk untuk bakso dan irisan daging sapi dengan kuah kaldu yang khas ala kedai ini. Satu mangkuk lagi untuk mie yang sudah ditaburi irisan daun bawang dan bawang goreng. Jangan lupa menyempurnakannya dengan menambahkan sambal khas Medan yang pedasnya lumayan membuat lidah bergoyang. Hanya pada mie-nya, jangan pada kuah baksonya, agar citarasa kaldu nya benar-benar terasa khas.

Minuman yang disajikan mayoritas memang minuman botolan, namun sebagai teman sejati hidangan bakso bihun ini, biasanya orang akan memilih liang teh, baik dingin ataupun hangat. Jajanan pelengkap lainnya adalah kerupuk Bangka. Paduan yang pas untuk penganan peranakan.

Kedai Bakso Akiaw 99 memiliki cabang yang lumayan banyak, di sekitar Jakarta saja, kedai ini ada di beberapa tempat, seperti kawasan Kelapa Gading dan Gading Serpong. Namun cabang pusatnya ada di kota asalnya, Medan. Untuk kawasan Jakarta, kedai bakso bihun Akiaw yang sering di kunjungi adalah kedai yang berada di kawasan Kota .Kedai bakso yang beralamat di Jl.Mangga Besar Raya no 2b ini setiap harinya tak pernah sepi pengunjung, bahkan terkadang sampai harus menunggu untuk mendapatkan meja. Karena selain harga yang terjangkau, sekitar 32 ribu per-porsi, masakannya juga termasuk halal, karena tidak mengandung unsur babi. Sayangnya, kedai Bakso Bihun Akiaw 99 ini tidak buka sejak pagi hari, mereka hanya buka dari jam 3 sore hingga tengah malam. (FIT)