Ingin Jadi Pengusaha, Anda Harus Punya Mimpi

Foto: 4photos

Bogor, Sayangi.com – Alumnus Institut Pertanian Bogor yang juga pemilik bisnis Boneka Horta, Gigin Mardiansyah, menegaskan bahwa calon wirausahawan harus berani mempunyai mimpi.

“Dan, selanjutnya do it! (lakukan),” katanya melalui Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2013)

Dalam rangkaian Munas Ke-4 Himpunan Alumni IPB, digelar lokakarya dan dialog kewirausahaan, Gigin Mardiansyah dihadirkan bersama wirausahawan muda alumnus IPB lainnya.

Ia mengatakan, kalau dalam usaha itu menemukan semangat pada suatu bidang dan menikmati di dalamnya, tekuni itu dengan baik.

“Bisa jadi itulah jalan rezeki kita,” kata Gigin yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Bait El Umma.

Sementara itu, pengusaha muda bidang bisnis “online” Vidia menyatakan bahwa rezeki tidak akan ke mana-mana jika seseorang sudah bekerja dan berusaha maksimal.

“Dengan menemukan ‘passion’, kita bisa mengurangi penderitaan bila gagal dan segera menemukan solusi baru,” katanya.

“Namun jika kita gagal terus dan sudah menemui jalan buntu, kita membutuhkan inovasi dalam usaha.”

Wirausahawan muda bidang ternak, Budi Susilo Setiawan mengatakan bahwa peluang wirausaha di sektor pertanian sangat terbuka dan prospektif.

“Saya berharap semakin banyak alumnus IPB membuka usaha di bidang pertanian akan membantu Indonesia dari ketergantungan pangan impor,” katanya.

Alasan dia menekuni ternak kambing itu karena saat ini kartel sapi sudah ada. Demikian pula, kartel ayam juga sudah ada, dan yang belum adalah kartel kambing.

“Impian saya menjadi kartel kambing terbesar nasional. Untuk mewujudkan ini membutuhkan mitra atau kerja sama kuat, standar, regulasi pasar yang kondusif, dan jaringan modal,” katanya.

Ia juga berharap agar Pemerintah menetapkan regulasi pasar yang kondusif dan memberikan subsidi bagi peternak lokal. (MI/Ant)