Forum Rektor: Pemimpin Nasional Tidak Harus dari Parpol

Foto: Antara

Medan, Sayangi.com – Forum Rektor Indonesia (FRI) menawarkan sejumlah kriteria kepemimpinan nasional untuk mendapatkan pemimpin berkualitas dalam Pemilihan Umum 2014. Di atas semua kriteria itu, FRI menggarisbawahi satu hal: pemimpin nasional tidak harus datang dari Partai Politik.

Dalam keterangan pers usai pertemuan regional se-Sumatera di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Medan, Sabtu, Ketua Forum Rektor Indonesia Prof Laode M Kamaluddin menyebutkan sejumlah kriteria. Pertama, memiliki rekam jejak (track record) yang baik. Dengan rekam jejak yang baik, pemimpin yang terpilih nantinya diharapkan tidak menyimpan masalah.

Syarat lain, calon pemimpin harus memiliki kepedulian kepada kaum miskin dan memiliki pemahaman yang baik tentang konsep pembangunan, sehingga tidak terlalu mengacu ke Barat. Juga harus berani menegakkan keadilan. “Seorang pemimpin tidak boleh takut dengan orang lain,” kata Rektor Universitas Islam Sultan Agung, Semarang tersebut.

Kriteria terakhir yang wajib dimiliki, paham makna dan tujuan otonomi daerah dan mampu menerapkan kebijakan pembangunan yang merata dari Sabang hingga Merauke. Artinya, “Kita butuh pemimpin yang tidak ‘Jakartasentris’,” tegas Laode.

Di atas semua kriteria itu, Laode menyimpulkan, calon pemimpin nasional harus memiliki kualitas mumpuni dan tidak harus berasal dari partai politik. Ketidak-harusan ini perlu ditekankan agar tidak menutup kesempatan tokoh lain yang memiliki kualitas lebih baik. (MSR/ANT)