Antrean Truk di Pelabuhan Merak Mengular

Foto: Ant

Merak, Sayangi.com – Antrean truk ekspedisi yang hendak menuju Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (6/7/2013) mengular sepanjang 2,5 kilometer hingga ke kawasan Cikuasa Atas.

“Kami terus berupaya untuk mengatasi antrean truk ini dengan penambahan kapal ‘roll on roll of’ atau roro sebanyak 27 armada,” kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo.

Ia mengatakan bahwa penyebab antrean truk tersebut akibat tingginya volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Merak dari berbagai daerah di Pulau Jawa secara bersamaan. Selain itu, juga karena adanya perbaikan pekerjaan di pertigaan arah pintu tol Merak.

Selama ini, kata dia, penumpang pejalan kaki maupun penumpang dalam kendaraan mengalami peningkatan.

Diperkirakan penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan sekitar 70 persen dibandingkan dengan hari-hari normal.

Meningkatnya penumpang tersebut kata dia, karena menjelang Ramadan untuk silatuhrahmi dengan anggota keluarga di kampung halamannya.

Oleh karena itu menurutnya, kemungkinan antrean kendaraan terus berlanjut sampai Minggu (7/7/2013).

“Kami terus berupaya agar seluruh penumpang maupun kendaraan berjalan lancar,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa PT ASDP Merak mengoperasikan kapal roro sebanyak 27 armada untuk mengatasi antrean truk dan peningkatan penumpang.

Di samping itu, juga lima dermaga di Pelabuhan Merak dibuka untuk menampung ribuan kendaraan yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

“Kami meminta pengemudi angkutan truk maupun kendaraan pribadi bersabar dan tertib karena semua bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni,” katanya.

Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Fery Cabang Merak Nana Sutisna memperkirakan lonjakan penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terus berlanjut sampai satu hari menjelang Ramadan.

Pengalaman tahun-tahun lalu penumpang meningkat menjelang bulan puasa dan Idulfitri.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan baik terhadap masyarakat, khususnya pengguna jasa penyeberangan,” katanya. (MI/Ant)