Resep: Donat Apel, Adonan Donat yang Tak Bikin Capek

Foto: recipegreat.com

Ingin membuat donat tapi malas membanting dan menunggu resting adonan selama beberapa jam? Gampang, bikin saja donat ala Amerika satu ini. Tak perlu membanting adonan untuk membuatnya kalis, tak perlu juga menunggunya mengembang hingga berjam-jam. Donat satu ini hanya menggunakan baking powder tanpa menggunakan ragi untuk membuatnya berpori. Adonannya juga bertekstur lembek. Tapi saat digoreng, hasilnya sama dengan donat yang membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya. Simak yuk bahan-bahan dan cara membuatnya..

Bahan-bahan

2 buah apel malang (bercitarasa asam)
1 cup yogurt tawar
2 kuning telur
1,75 cup terigu protein tinggi (cakra kembar)
1 sdt baking powder
1/2 sdt kayu manis
1/4 sdt pala bubuk
2,5 sdm mentega dicairkan
2 putih telur
1 cup gula
1 buah lemon (ambil jusnya)

Cara membuat

Parut kasar buah apel, campurkan dengan jus lemon untuk mengeluarkan airnya, tambah gula pasir 2 sdm (diambil sedikit dari total penggunaan 1 cup gula), aduk rata, diamkan sebentar. Sementara itu, kocok kuning telur sampai pucat, masukkan yogurt dan tepung terigu yang sudah diayak dengan kayu manis dan pala, kemudian menyusul baking powder. Aduk-aduk hingga rata. Masukkan campuran mangga yang sudah mulai berair ke dalam adonan, aduk kembali.

Di baskom yang lain, kocok putih telur dengan sisa gula sampai putih tapi tidak kaku. Jaga agar teksturnya tetap lembut. Campurkan dengan adonan pertama, aduk rata.

Siapkan scop Ice cream. Jika tidak ada boleh menggunakan sendok sayur. Sendok satu per satu adonan ke dalam minyak panas hingga terendam. Karena rasanya yang manis, tidak butuh lama untuk menggorengnya. cukup 5 menit. Jangan sampai lupa membalik agar tidak gosong. Angkat saat warnanya coklat keemasan. Tiriskan. Tunggu dingin. Sajikan dengan taburan gula halus dan ice cream vanila jika suka. (FIT/AsianFoodChanel)