Luncurkan BB 9720, BlackBerry Kembali ke OS7

Foto: Crackberry.com

Jakarta, Sayangi.com – Meski bilang akan fokus pada pengembangan OS 10 yang ‘canggih’, BlackBerry tetap akan merilis smartphone ber-OS 7. Tak lama lagi, BB 9720 diluncurkan, buat penyuka BB yang bukan hanya tak suka OS 10, tapi juga benci banderol mahalnya.

Paling lambat akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014, BlackBerry bakal meluncurkan smartphone baru bersistem operasi (OS) versi 7.1. Gosip yang beredar, BB OS 7 (BB7) terbaru itu bakal diberi nama “BlackBerry 9720”, dengan resolusi layar 480×360, papan ketik QWERTY, dan mendukung GPRS/EDGE/WCDMA untuk konektivitas, selain standar WIFI 802.11b/g/n tentunya.

Seperti diumumkan awal tahun ini, BlackBerry sebenarnya ingin lebih fokus dalam pengembangan BlackBerry bersistem operasi (OS) 10, dengan model-model yang sudah dipasarkan diantaranya Z10, Q10, dan Q5. Namun model-model BB terbaru dengan sistem operasi tercanggih itu dianggap terlalu mahal dan terlalu advanced buat awam, yang selama ini memakai BB hanya untuk memanfaatkan jaringan BlackBerry Messenger (BBM)-nya. Alhasil, penjualan seri-seri terbaru itu, terutama di luar Amerika Serikat dan Eropa, tak sedahsyat seri-seri Blackberry sebelumnya.

Itu makanya BlackBerry – sebelumnya bernama RIM – berencana untuk tetap mempertahankan pasar yang sudah telanjur nyaman menggunakan BB dengan sistem operasi 7 (BB7). Baik kenyamanan dalam handling (pemakaian fitur-fiturnya) maupun harga yang tak terlalu mahal. Lewat besutan baru BlackBerry 9720 nanti, BB mencoba “merebut kembali” pasar di sejumlah negara di luar Amerika Serikat dan Eropa, termasuk Indonesia yang dikenal sebagai salah satu negara yang penduduknya paling banyak menggunakan Blackberry. (MSR)