Resep: Menu Udang Favorit Tom Douglash

Foto: RoadFood

Sejak tiba di Seattle dari timur pada tahun 1977, Tom Douglas telah membantu mendefinisikan kembali memasak makanan laut di sejumlah restoran mutakhir. Salah satu yang fovorit adalah Etta yang menampilkan makanan laut dari Pike Place Market seberang jalan. Salah satu makanan laut yang paling lezat menurut Tom adalah Udang bumbu garam dan merica szechuan. Sebuah makanan sederhana tetapi memiliki cita rasa luar biasa. Coba di rumah yuk..

Persiapan Waktu: 5 menit
Masak Waktu: 7 menit
Porsi: 4

Bahan:
3/4 sendok teh lada yang ditumbuk kasar (Szechuan dan lada putih disukai, tetapi merica hitam juga boleh)
1/2 sendok teh garam kasar
Minyak sayur 1/4 cangkir
2 sendok makan tepung jagung
1/4 kg udang (dicairkan jika beku)
1 sdt bawang putih cincang halus
1-3 sendok teh cabe keriting kering, cincang halus
1/5 buah paprika hijau cincang halus

Cara Membuat
Masukan lada, tumis di panci di atas api sedang. Masak lada selama sekitar 3 menit, angkat dan tambahkan garam. Sisihkan.
Dalam wajan atau penggorengan besar, panaskan minyak sayur di atas api panas.
Sambil menunggu minyak benar-benar panas, masukkan udah ke tepung jagung, tepuk-tepuk udang agar membentuk pola tepung yang cantik. Goreng dalam minyak panas. tiriskan.
Masukkan kembali udang ke dalam wajan bekas menggoreng dengan minyak yang sudah dikurangi (kurangi minyak hingga menjadi satu sendok teh) tambahkan garam dan merica yang sudah dicampur, bawang putih, paprika dan cabe kering, masak sekitar satu menit, aduk-aduk terus agar bumbu meresap. Hidangkan dengan nasi panas dan oseng kangkung. (FIT/RoadFood)