Smartphone Ukuran Mini Lebih Diminati

Foto/Ilustrasi: latercera.com

New York, Sayangi.com – Trend smartphone yang tadinya berukuran besar dan semakin besar berukuran android phablet kini mulai mundur kembali. Samsung dan Blackberry justru justri merilis versi mini smartphone mereka. Apple dan HTC mulai menjadi pengikut di belakangan mereka dengan menghadirkan ukuran smartphone yang lebih kecil.

Samsung Galaxy S4 mini memiliki layar 4,3 inci, yang memotong lebih dari setengah inci versi besarnya. Sementara, BlackBerry Q5 tidak lebih kecil dari Q10, tetapi menggunakan semua teknologi yang nyaris sama.

Salah satu faktor di balik menjulangnya Mini gelombang smartphone adalah Pertumbuhan Smartphone yang mulai melambat di pasar negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa Barat, di mana smartphone raksasa dengan fitur terbaru adalah komoditas panas. Pasar negara berkembang akan menjadi “driver pertumbuhan di kunci masa depan,” menurut analis Macquarie Securities Kevin Smithen, tetapi konsumen di daerah-daerah lebih sadar terhadap anggaran karena harga smartphone cenderung lebih mahal.

Layar yang lebih besar dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap harga smartphone, sehingga perangkat dibuat lebih kecil seperti yang dirilis oleh pembuat smartphone murah seperti Cina berbasis Huawei, ZTE dan Lenovo yang sangat populer di daerah tersebut. IPhone bahkan tidak ada dalam daftar lima besar smartphone terlaris di Cina.

Pembuat smartphone top-tier pada akhirnya menyadari fakta dan mulai melawan dengan gelombang “mini smartphone” yang diluncurkan tahun ini, kata Smithen. (FIT/cnn)