Nigeria Hantam Pantai Gading

Foto: Antara

Johannesburg, Sayangi-com – Nigeria menaklukkan Pantai Gading dan Maroko mengejutkan juara bertahan Tunisia pada akhir pekan ini di kualifikasi Piala Afrika 2014.

Dua gol dari gelandang bintang Sunday Mba membantu Nigeria mengalahkan Pantai Gading yang mengakhiri pertandingan dengan sembilan pemain 4-1 di Kaduna dan secara virtual membuat mereka telah mengunci tempat di putaran final untuk pertama kalinya.

Maroko berada di tempat yang baik untuk berkompetisi di Afrika Selatan Januari mendatang, setelah mereka menang 1-0 atas tuan rumah Tunisia berkat gol larut Abdessamad Mbarki.

Mali, Senegal, dan Burkina Faso memimpin di kandang mereka masing-masing, sedangkan skorsing FIFA membuat Kamerun membatalkan pertandingan melawan Gabon.

“Elang Super” Nigeria berada dalam posisi kuat untuk lolos ke kompetisi yang dibatasi untuk para pesepak bola yang bermain di negara kelahirannya masing-masing.

Pelatih Stephen Keshi menggunakan delapan bintang lokal di Piala Konfederasi di Brazil pada bulan lalu, dan mereka semua dimainkan untuk menghadapi Pantai Gading.

Kemenangan kandang merupakan hal yang diharapkan di kota utara di Kaduna, namun selisih gol ini sulit untuk tidak menggembirakan mantan kapten tim nasional Keshi.

Pantai Gading tidak terbantu oleh terusirnya Roger Assale dan Baresi Gloudeaou pada babak kedua.

Bagaimanapun, Nigeria telah unggul 3-1 dan hanya menambah satu gol melalui Ifeanyi Benjamin ketika mereka memiliki keunggulan jumlah pemain.

Gelandang bintang Sunday Mba kembali menghukum Pantai Gading dengan mencetak gol pada tiap=tiap babak dan Gambo Mohammed merupakan pencetak gol lain bagi Nigeria.

Mba mencetak gol kemenangan ketika Nigeria menyingkirkan favorit pra turnamen Pantai Gading tahun ini, dalam perjalanan mereka untuk menjuarai Piala Afrika di Afrika Selatan.

Tiecoura Koulibaly merupakan satu-satunya pencetak gol bagi tim tamu yang tercipta sebelum pertama usai, untuk membuat “Tim Gajah” tertinggal 1-2 sebelum turun minum.

Bahkan kartu merah yang didapat dua pemain Maroko Mohamed Aberhoune dan Salaheddine Essaidi tidak dapat mencegah Tunisia kalah di kota Mediterranean, Sousse.

Mengincar penampilan perdana di putaran final, Maroko meraih kemenangan pada menit terakhir ketika Mbarki menuntaskan serangan balik.

Kiper Farouk Ben Mustapha merupakan satu-satunya pemain yang tersisa dari tim Tunisia yang menghancurkan Angole 23-0 untuk memenangi final 2011 di Sudan.

Ketika sebagian besar pertandingan kedua dijadwalkan dimainkan pada akhir Juli, kedua rival Maghribi ini akan bertemu kembali pada akhir pekan mendatang di kota pesisir Tangier.

Mali bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-1 atas Guinea di Bamako berkat gol-gol yang dibukukan Moussa Kone, Cheick Doumbia, dan Drissa Traore.

Guinea, yang menyingkirkan Sierra Leone berkat gol-gol tandang pada putaran pendahuluan, sempat unggul pada menit kedelapan melalui Sambegou Bangoura.

Yannick Gomis mencetak gol sembilan menit setelah turun minum untuk memberi Senegal keunggulan 1-0 atas Mauritania di Dakar.

Mauritania mengalahkan Liberia pada pertandingan kandang dan tandang untuk mencapai putaran pertama dan berusaha untuk mencapai putaran final kompetisi CAF untuk pertama kalinya.

Gol tunggal juga tercipta pada pertandingan antara Burkina Faso dan Niger di Ouagadougou, di mana pemain pengganti Issouf Kabore mencetak satu-satunya gol untuk tuan rumah.

FIFA menskors Kamerun pada akhir ini akibat intervensi pemerintah dalam pengelolaan federasi sepak bola, yang membuat pertandingan melawan Gabon di Yoaunde harus dibatalkan.

Tuan rumah Afrika Selatan merupakan negara yang otomatis lolos untuk Piala Afrika 2014, dan akan bergabung dengan ke-15 negara lain setelah menjalani kualifikasi berdasar kawasan.

Hasil pertandingan putaran pertama kualifikasi Piala Afrika yang dimainkan akhir pekan ini: Di Sousse Tunisia 0 Maroko 1 (Mbarki 90) Di Dakar Senegal 1 (Gomis 54) Mauritania 0 Di Bamako Mali 3 (Kone 22, Doumbia 69, Traore 74 ) Guinea 1 (Bangoura 8-pen) Di Ouagadougou Burkina Faso 1 (Kabore 84) Niger 0 Di Kaduna Nigeria 4 (Mohammed 21, Mba 30, 48-pen, Benjamin 80) Pantai Gading 1 (Koulibaly 45) Di Yaounde Kamerun vs Gabon – dibatalkan setelah FIFA menskors Kamerun akibat intervensi negara.

Pertandingan kedua: 12-14 Juli dan 26-28 Juli. (RH/ANT)