Rio Haryanto Gagal Tambah Poin di Jerman

Foto: Antara

Semarang, Sayangi.com – Pebalap nasional Rio Haryanto gagal mendapatkan tambahan poin saat tampil pada seri keenam lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Nurbugring, Jerman.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Minggu, mengatakan pada race pertama Sabtu (6/7) Rio Haryanto menempati posisi ke-18 dari star pada urutan ke-20, kemudian pada race kedua ‘sprint race’ hari ini waktu setempat menempati posisi ke-14.

Pada race kedua yang menempuh jarak 123,552 kilometer sebanyak 24 putaran, pebalap berusia 20 tahun tersebut memasuki garis finis diurutan ke-14 dengan catatan waktu 43 menit 21,461 detik.

“Setingan belum ketemu Mas’. Dari latihan resmi, kualifikasi hingga dua race ini masih begitu-begitu saja. Kata Rio, mobilnya pelan kemudian juga ‘understeer’ juga, padahal tim juga sudah bekerja keras mencari setinggan yang pas,” katanya.

Rekan satu tim Rio Haryanto di Addax Barwa, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu 43 menit 37,339 detik.

Posisi pertama race kedua ini ditempati pebalap tim Hilmer Motorsport J Lancaster dengan catatan waktu 42 menit 37,88 detik, kemudian disusul pebalap tim Art Grand Prix James Calado dengan catatan waktu 42 menit 39,183 detik, sedangkan ketiga adalah F Leimer dari tim Racing Engineering dengan catatan waktu 43 menit 03,452 detik.

Dengan hasil ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut tetap mengumpulkan poin 20 dan berada pada peringkat ke-18 klasemen sementara, sedangkan peringkat pertama ditempati S Coletti dari tim Rapax dengan total nilai 135 kemudian disusul F Nasr dari tim Carlin dengan nilai 108, dan ketiga adalah Samuel Bird dari tim Russian Time dengan poin 90.

Rio Haryanto mendapat poin terbesar yaitu 12 saat menempati peringkat kedua pada “sprin race” di seri kelima yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, kemudian pada race pertama “feature race” negara tersebut mendapatkan nilai enam, sedangkan dua poin diraih saat tampil pada seri ketiga di Sirkuit Catalunya, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Seri ketujuh lomba balap mobil GP2 Series kembali akan dilanjutkan di Budapest, Hungaria, 26-28 Juli mendatang, kemudian seri kedelapan di Sirkuit Spa-Francorcham Belgia, 23-25 Agustus, seri kesembilan di Monza, Italia, 6-8 September, seri kesepuluh di Singapura, 20-23 September, sedangkan terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 1-3 November 2013. (RH/ANT)