Gubernur Sulteng Minta Masyarakat Tunggu Hitungan Resmi KPU

Ilustrasi/logo: KPU

Palu, Sayangi.com – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta masyarakat Kabupaten Parigi Moutong untuk menunggu penghitungan resmi hasil Pilkada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

“Siapapun pemenangnya adalah kemenangan bersama. Mari kita jaga ketertiban bersama,” kata Longki di Palu, Senin (8/7).

Sebelumnya telah beredar sejumlah hasil penghitungan cepat Pilkada Parigi Moutong yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei. Saat ini beberapa simpatisan pendukung salah satu kandidat yang tidak menerima hasil penghitungan suara sementara itu melakukan protes di KPU Parigi Moutong karena adanya indikasi kecurangan.

Pilkada Parigi Moutong yang dihelat Sabtu, 6 Juli 2013, telah mendudukkan pasangan petahana Samsurizal Tombolotutu dan Badrun Nggai (Sabar) sebagai pemenang dengan perolehan 120.890 suara atau sekitar 55 persen, seperti yang dilansir oleh Sulawesi Consultant Institute (SCI).

Pada urutan kedua ditempati pasangan Taswin Borman dan Kemal Toana (TB-KT) dengan perolehan suara 38,63 persen suara atau 84.820 pemilih.

Pada posisi ketiga ditempati pasangan Awalunsyah Passau dan Iskandar Ilimullah (Asli) dengan 3,78 persen atau 8.289 suara, sedangkna pasangan Nur Dg. Rahmatu dan Usman Yamin (Nurani) memperoleh 2,30 persen suara atau 5.034 pemilih.

Gubernur Longki Djanggola juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Parigi Moutong yang telah menyukseskan Pilkada pada 6 Juli 2013. Dia juga meminta semua pihak menahan diri dengan tetap menjaga persatuan, kesatuan dan persaudaraan yang selama ini sudah terbangun.

Selain itu, dia juga meminta seluruh masyarakat wajib menjaga ketertiban, keamanan dan tidak terpancing dengan ulah para provokator yang berniat menganggu ketentraman. (HST/ANT)