SBMPTN Diumumkan Sore Ini

Ilustrasi/logo: Kemdikbud

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah akan mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 secara online pada hari Senin (8/7) pukul 17.00 WIB. Masyarakat dapat mengakses hasil pengumuman itu di website resmi SBMPTN, atau melalui media cetak pada 13 Juli 2013.

Sebagaimana dilansir website Sekretariat Kabinet, Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2013 semula dijadwalkan tanggal 12 Juli dimajukan menjadi tanggal 8 Juli 2013 dengan berbagai pertimbangan. Ketua Panitia SBMPTN 2013, Prof. Akhmalola, mengatakan pertimbangan itu  antara lain kesiapan panpel dan  agar para peserta ujian fokus dan konsentrasi menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1434 H.

Rektor ITB itu  menambahkan, sebelum pengumuman pihaknya akan melakukan rapat dan jumpa pers. “Kemudian sorenya baru bisa dilihat di online. Mudah-mudahan semuanya bisa maksimal,”” katanya.

Laman resmi pengumuman SBMPTN sudah menyajikan count down atau hitung mundur pengumuman hasil ujian masuk PTN itu.

“Pengumuman Hasil SBMPTN 2013. Mohon bersabar menunggu dibukanya pengumuman hasil SBMPTN 2013 selama XX Hari XX Jam XX Menit XX Detik,” dengan angka yang terus berubah.

Count down itu diaktifkan menyusul pengumuman yang disampaikan Panitia SBMPTN melalui laman Facebook resmi, Minggu (7/7) pagi.

SBMPTN merupakan mekanisme seleksi masuk PTN yang dilakukan melalui ujian tertulis dan atau keterampilan. Seleksi ditujukan bagi siswa lulusan SMA sederajat tahun 2013 yang tidak lolos melalui jalur undangan pada SNMPTN. SBMPTN diikuti oleh 62 perguruan tinggi negeri (PTN) dengan menyediakan bangku 90.000 untuk berbagai program studi. SBMPTN membuka pendaftaran pada 13 Mei – 7 Juni, dilanjutkan ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013, serta ujian keterampilan bagi jurusan tertentu pada 20 dan 21 Juni.

Lebih dari 500 ribu calon mahasiswa baru mengikuti SBMPTN melalui kelompok jurusan Sosial Humaniora (Soshum), Sain dan Teknologi (Saintek), dan Campuran. (HST/SETKAB)