Cari Pengganti Kapolri, Kompolnas Kantongi Sejumlah Nama

Foto: Polri.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sampai saat ini masih mengumpulkan rekam jejak dan data para calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), yang telah diwawancarai oleh Kompolnas beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Komisioner Kompolnas, Edi Hasibuan, saat dikonfirmasi redaksi Sayangi.com, Senin (8/7). Edi menjelaskan, Kompolnas sudah melakukan tatap muka dengan 9 calon Kapolri. Sekarang ini tingggal melakukan pembahasan dengan Ketua Kompolnas. Setelah itu, sambung Edi, pihaknya akan menyerahkan nama-nama itu ke Presiden.

“Bagi Kompolnas, tidak ada masalah apakah pergantian Kapolri dilakukan bulan Agustus 2013 atau Januari 2014, bagi kami itu sepenuhnya kewenangan Presiden. Jika Presiden tetap mengganti Kapolri Januari, yakni saat Timur Pradopo tepat pensiun, kami juga mendukung sepenuhnya. Begitu juga bila dilakukan Agustus,” terang Edi.

Kompolnas sendiri kabarnya sudah mempersiapkan sejumlah nama calon Kapolri, jika sewaktu-waktu diminta oleh Presiden. Tapi diakui, nama-nama itu belum final.

“Apakah hanya mereka yang perwira tinggi Polri bintang tiga yang sudah memenuhi syarat saja atau diserahkan juga kepada perwira tinggi bintang dua, tapi memiliki kans besar jadi bintang tiga. Itu semua nanti tergantung hasil pembahasan seluruh anggota Kompolnas dengan Ketua Kompolnas,” pungkasnya. (MSR)