Lho, Ketua KPK Tak Tahu ICW Dikucuri Duit

Foto: Sayangi.com/Bara Ilyasa

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengaku tidak tahu jika lembaganya memberikan bantuan dana kepada Indonesian Corruption Watch (ICW). Hal itu dikatakan Samad menanggapi sinyalemen yang diungkapkan politisi Partai Golkar Nudirman Munir belum lama ini. Nudirman mempertanyakan bantuan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berjumlah sekitar Rp400 juta – Rp450 juta yang diberikan rutin tiap tahun.

“Saya belum tahu persis. Kebetulan yang ikut rapat anggaran Pak Zul (Wakil Ketua KPK Zulkarnaen). Jadi saya belum bisa lebih jauh lagi,” kata Samad di Komplek Gedung DPR RI, senayan, Jakarta, Senin (8/7).

Abraham juga mengaku belum mengetahui secara pasti berapa nominal anggaran yang diberikan kepada lembaga ICW itu. Sebab, kata dia, yang menangani anggaran dana di KPK adalah Wakil Ketua KPK Zulkarnaen dan Adnan Pandhu Prajadja.

“Saya belum tahu persis, makanya saya nanti coba cek karena kebetulan yang tangani anggaran pak Zul dan pak Pandu,” sebut Samad.

Saat ditanya bagaimana misalnya jika ormas atau LSM seperti ICW benar-benar mendapatkan bantuan dana, Abraham memastikan bahwa hal itu tidak benar adanya. Tidak ada anggaran yang diberikan kepada LSM seperti ICW.

“Jadinya begini sebenarnya tidak ada anggaran yang diberikan kepada mereka. Itu yang bisa saya pastikan. Tidak ada anggaran berbentuk materi. Itu kan ada program-program pemberdayaan. Itu yang sebenarnya kita lakukan. Jadi tidak pernah ada, fitnah aja itu kalau ada yang mengatakan kita memberikan finansial atau materi kepada organisasi. Kita berikan program. Program itu sebenarnya program edukasi dan pencerahan,” pungkasnya. (HST)