Puluhan Sopir Angkot Desak DPRD Tetapkan Tarif Baru

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Puluhan demonstran atas nama Aliansi Masyarakat Peduli Bangsa (AMPB) dan Sopir Angkutan Umum DKI Jakarta mendatangi gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (8/7).

Para demontran itu menuntut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta untuk segera memutuskan dan menetapkan tarif angkutan umum secepatnya di DKI Jakarta. Mereka juga akan berjanji akan membawa massa yang lebih banyak apabila DPRD dalam memutuskan tarif angkutan umum itu berlarut-larut dan berbelit-belit.

Menurut salah seorang orator, pasca kenaikan BBM proses kondisi ekonomi masyarakat/warga Jakarta semakin terbebani. Pendapatannya tetap tapi pengeluarannya sekarang lebih besar dari sebelum adanya kenaikan harga BBM, katanya.

“Ini sangat memprihatinkan ketika kita melihat warga pengguna sopir angkot AJB, mikrolet, dan mitro mini selalu bertengkar dengan sopir angkot tersebut, karena sopir angkot itu menaikkan tarif sewa naik angkutan sebelumadanya peraturan daerah yang mensosialisasikan dan memutuskan taruf angkutan umum yang baru di DKI,” tegas Suwitno, Pimpinan Aliansi Peduli Bangsa, kepada Sayangi.com di depan Gedung DPRD DKI, Senin (8/7).

Lebih lanjut dilontarkan dalam orasinya bahwa kendala proses perubahan ekonomi yang dirasakan pengemudi angkutan umum ini akan semakin mengalami kerugian yang besar apabila DPRD DKI tidak segera menaikkan tarif angkutan umum.

“Kerugian bisa mencapai Rp 80 ribu per hari, karena angkutan umum yang mereka kendarai sudah membeli BBM yang harganya sudah dinaikkan Jakarta Pusat,” katanya. (HST).