Banyaknya KTP Palsu Persulit Pendistribusian Kartu Jakarta Sehat

Foto: Dinkes DKI

Jakarta, Sayangi.com – Pendistribusian Kartu Jakarta Sehat (KJS) sebagai program utama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengalami berbagai kendala. Salah satunya adalah banyaknya warga Jakarta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu ataupun KTP ganda.

Aduan banyaknya warga yang memiliki KTP palsu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati. Hal ini dapat menyebabkan warga miskin yang mendapatkan KJS belum sepenuhnya memperoleh layanan kesehatan.

“KTP palsu banyak kami temukan saat melakukan verifikasi data pendaftaran di Puskesmas dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujarnya Senin (8/7) di Balai Kota Jakarta.

Selain itu, Dien menambahkan,ada pula oknum yang memperoleh KJS dengan menggunakan KTP ganda. “Soal data kependudukan kita serahkan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan terus koordinasi,” ujarnya.

Menurut keterangan Dien, target penerima KJS baru sekitar 2,2 juta dari target sebanyak 4,7 juta warga Jakarta.

Dien pun kemudian mengimbau, kepada warga yang berhak untuk segera melakukan pendaftaran ke Puskesmas terdekat. Nantinya di sana data akan dicatatkan dan langsung memperoleh KJS. Dien yakin pelayanan akan maksimal.

“Kami telah menyiapkan petugas khusus untuk melayani warga guna terealisasinya pendistribusian KJS,” pungkasnya. (HST)