KAMAKSI Sinyalir Dana Bansos Dikorupsi Menteri PDT

Jakarta, Sayangi.com – Sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam Kaukus Aksi Mahasiswa Anti Korupsi (KAMAKSI) berunjuk rasa di depan kantor Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Senin (8/7) siang. Para pengunjuk rasa menuntut pengusutan dugaan korupsi Dana Bansos senilai Rp63 Milyar di Kementerian tersebut.

Koordinator KAMAKSI Afandi Tomagola menyatakan indikasi penyimpangan anggaran dalam program Bantuan Sosial (Bansos) di Kementerian yang dipimpin oleh Helmy Faisal Zaini itu sebesar Rp63.005.924.868.

Tomagola menduga penyalahgunaan Dana Bansos digunakan untuk tujuan memperkaya diri sendiri dan juga tujuan yang lebih besar yaitu untuk mendukung dana politik menuju pemilu 2014. Menurutnya, temuan BPK sudah menemukan dugaan permasalahan dalam penyaluran Dana Bansos di Kementerian itu.

Secara jelas, katanya, temuan BPK di Kementerian PDT pada semester I tahun 2012 jelas menyebutkan bahwa pengeluaran anggaran sebesar Rp63 miliar tidak didukung dengan bukti pertanggungjawaban yang lengkap dan sah berpotensi terjadi penyimpangan. (HST)