Lawan Arsenal, Timnas Akan Diperkuat Sejumlah Muka Baru

Foto: Antara

Jayapura, Sayangi.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia Jacksen F Tiago mengatakan bahwa 24 nama pemain yang sudah dirilis beberapa hari lalu oleh Badan Tim Nasional untuk bertanding lawan Klub Arsenal asal Liga Primer Inggris sudah final, kecuali ada pemain yang cedera.

“Ke 24 nama tersebut di sisi teknis itu sudah final kecuali terjadi cedera, kami ganti dengan pemain lainnya. Misalnya Boas alami cedera, yah kami cari pemain lainya yang lebih siap dan sesuai dengan kebutuhan tim,” kata Jacksen saat di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan ada sejumlah muka baru yang dipanggil, seperti Stefano Lilipaly, Titus Bonay, Rizky Pellu, Rizky Ripora, Rifky Mokodompit dan Firdaus Ramadhan.

Serta ada sejumlah nama pada pertandingan persahabatan lalu saat menjamu timnas Belanda tidak dipanggil, satu di antaranya ada Greg Nwokolo, pemain Arema Cronous, katanya.

“Di sini ada sejumlah pemain baru. Pada intinya dalam berbagai uji coba tanding saya dan Badan Tim Nasional (BTN) ingin mencari kerangka tim yang cocok dan dipersiapkan untuk menghadapi China pada pertandingan resmi Oktober,” katanya.

Jacksen mengakui bahwa melawan tim atau Klub Arsenel pasti lebih sulit ketimbang melawan tim suatu negara karena. “Kalau saya secara pribadi, malah Arsenal akan bermain lebih bagus dari Timnas Belanda, alasannya karena mereka (pemain) suatu tim sering latihan rutin tiap hari, ini pasti kompak dari pada nasional tim yang jarang bertemu dan bermain bersama,” katanya.

“Tim nasional hanya berkumpul beberapa hari, latihan dan langsung bermain. Itulah bedanya,” tambahnya.

Jacksen yang juga pelatih Persipura Jayapura itu mengatakan bahwa untuk persiapan, pihaknya lebih fokus untuk pertandingan lawan China. Meskipun melawan Arsenal nanti tidak ada hubungan sama sekali dengan China.

“Namun saya akan berusaha mempersiapkan tim seperti saat melawan Belanda pada waktu lalu. Kami akan membentuk proses latihan supaya bisa melihat fleksibilitas pemain yang dipanggil, sehingga bisa dilihat yang saya panggil adalah nama-nama biasa yang jarang dipanggil dan itu ada sesuatu dari segi taktik,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua BTN La Nayla Matalitti telah merilis daftar 24 pemain yan dipersiapkan untuk melawan Arsenal di stadion Bung Karno dalam laga persahabatan pada 14 Juli mendatang. Dan dari 24 nama tersebut ada sejumlah muka baru dan mula lama yang pernah bersua melawan timnas Belanda.

Pelatih Jacksen F Tiago juga tetap membawa sejumlah pemain andalannya dari Persipura Jayapura yakni Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, Yustinus Pae, Ian Loius Kabes dan top skor sementara serta Kapten Tim Boas Salossa. (RH/ANT)