Jakmania & Bobotoh Berdamai di Bulan Ramadan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memastikan akan mempertemukan dua kelompok suporter yang selama ini tidak berhubungan harmonis, yaitu suporter fanatik klub Persija dan Persib Bandung pada 15 Juli.

“Benar, kedua kelompok suporter ini akan kami pertemukan bersamaan dengan buka bersama di halaman Kantor Kemenpora, 15 Juli nanti,” kata Menpora Roy Suryo di sela silaturahmi keluarga besar Kemenpora dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan di Wisma Kemenpora Jakarta, Senin.

Dua kelompok suporter yang dimaksud oleh Menpora Roy Suryo adalah Jakmania yang merupakan pendukung klub asal Ibu Kota itu serta Viking dan Bobotoh yang merupakan suporter dari klub yang berjuluk Maung Bandung itu.

Selain mendatangkan dua suporter yang selama ini memiliki hubungan yang kurang harmonis, Kemenpora juga akan menghadirkan manajemen dari kedua klub, meski sebelumnya telah dilakukan pertemuan tersendiri.

“Langkah pertama yang saya rintis adalah melakukan komunikasi dengan manajemen klub. Saya juga sudah ketemu Pak Umum, Farhan dan lainnya. Begitu juga kami juga bertemu perwakilan Persija seperti Pak Ferry Paulus maupun pentolan Jakmania,” katanya, menambahkan.

Roy Suryo menegaskan, demi terjadinya rekonsiliasi kedua suporter yang selama ini berselisih pihaknya juga mengundang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

“Dengan momen bulan Ramadhan kami harapkan permasalahan yang ada bisa dituntaskan. Jangan ada lagi korban-korban berikutnya dari masalah ini,” ucap pengganti Andi Mallarangeng itu.

Meski nantinya ada perdamaian, Menpora tetap berharap siapa saja yang telah melakukan pelanggaran hukum harus ditindak. Begitu juga dengan PSSI. Federasi sepak bola Indonesia ini harus memberikan sanksi disiplin pada pihak yang terlibat dalam kerusuhan suporter.

“Memang tidak ada jaminan setelah pertemuan nanti. Yang bisa menjamin adalah masing-masing suporter itu sendiri,” kata pria yang juga ahli telematika itu.

Perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Hanya saja perselisihan ini kembali tersulut menjelang pertandingan antara Persija melawan Persib Bandung, 22 Juni lalu.

Saat itu, sebelum pertandingan bus yang ditumpangi oleh pemain dan ofisial Persib dilempari orang tidak dikenal. Dampaknya pertandingan tidak jadi dilakukan dan diundur menjadi 28 Agustus mendatang. (RH/ANT)