Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 10 Juli 2013

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah, lewat Menteri Agama Suryadharma Ali memutuskan 1 Syawal 1434 H jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Penetapan diambil berdasarkan laporan 36 pengamat hilal di berbagai tempat di Indonesia.

Seusai sidang penentuan 1 Syawal 1434 H di Gedung Kementerian Agama, Jl. M.H Thamrin, Jakarta Pusat, di depan wartawan yang menyiarkan langsung pidatonya ke seluruh penjuru negeri, Suryadharma Ali menyimpulkan, “Berdasarkan laporan-laporan yang masuk dari 36 orang yang mengamati hilal di berbagai tempat dan respons 12 pembicara dalam sidang yang tidak menolak laporan-laporan tersebut. Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohiim, kami tetapkan 1 Ramadhan 1434 H bertepatan dengan Rabu 10 Juli 2013.”

Menurut Suryadharma Ali, Pengamatan 36 orang pengamat hilal, termasuk yang berada di Pelabuhan Ratu memastikan belum terlihatnya hilal penanda datangnya 1 Ramadhan.
 
Dalam sidang yang persiapannya dimulai sejak pukul 12.00 WIB dan selesai sehabis Maghrib itu, hadir semua pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Agama, 18 Duta Besar negara asing, dan sejumlah pimpinan Ormas Islam, tidak termasuk Muhammadiyah. “Saya selaku Menteri Agama mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Sebagai otoritas yang ditugaskan menentukan awal bulan Ramadhan, kepentingan kami sebagai Pemerintah
adalah bagaimana menjaga persatuan sebagai hal yang utama,” imbuh Menteri Agama.

Lebih lanjut Suryadharma Ali mengimbau agar umat Islam tidak mempermasalahkan perbedaan yang terjadi, dan berjanji akan membuka dialog agar terjadi kompromi dengan Muhammadiyah. (MSR)