Irak dan Ghana Melaju ke Semifinal Piala Dunia U-20

Foto: Antara

Kayseri, Sayangi.com – Timnas Ghana dan Irak berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia U-20 usai mengalahkan lawan-lawannya di babak perempatfinal. Irak menang atas sesama tim Asia, Korea Selatan dengan 8-7 melalui babak adu penalti, sementara Ghana lolos usai menang dramatis 3-2 atas Chile.

Berlaga di Kadir Has Stadium, Minggu (7/7) malam WIB, Irak unggul dulu lewat penalti Ali Faez di menit 21. Sayang keunggulan itu hanya bertahan selama tiga menit, lantaran Korsel menyamakan skor lewat Changhoon Kwon. Di menit 41 Irak memimpin lagi berkat gol Frahan Sakor, yang bertahan hingga babak pertama usai.

Skor 2-1 berubah jadi 2-2 di menit 49 ketika Gwanghun Lee mencetak gol dan bertahan hingga 90 menit waktu normal berakhir. Di masa perpanjang waktu 30 menit, Sakor membawa lagi Irak memimpin di menit 117 sebelum Korsel memaksakan laga berlanjut ke adu penalti setelah Jung Hyun Cheol bikin gol di menit 120.

Dalam babak tos-tosan ini, Irak hanya sekali gagal menceploskan bola dari enam eksekutor yang ada sementara dua pemain Korsel gagal menunaikan tugasnya. Irak lolos setelah menang adu penalti 5-4 dan menantang Uruguay di semifinal.

Di laga selanjutnya antara Ghana dan Chile, pertandingan juga berjalan seru. Moses Odjer membawa Ghana unggul di menit 10. Lalu Nicolas Castillo dan Angelo Henriquez bikin Chile berbalik unggul 2-1 di menit 22 dan 26. Ebenezer Assifuah bikin skor jadi imbang 2-2 di menit 71 yang bertahan hingga waktu normal usai.

Pada babak extra time Chile kembali memimpin 3-2 di menit 97 lewat gol kedua Henrique. Lalu Ghana menyamakan skor lagi di menit 112 lewat Salifu Seidu. Laga tampaknya akan berlanjut ke adu penalti sampai akhirnya Assifuah mencetak gol keduanya di menit 120! Ghana menang 4-3, lolos ke semifinal dan bertemu Prancis.

Babak semifinal akan dimulai pada Rabu 10 Juli mendatang.(RH/ANT)