Wakapolri ke KPK Lagi, Kali Ini Buat Didik Purnomo

Foto: beritadewan.com

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Nanan Sukarna, sebagai saksi untuk Brigjen Didik Purnomo dalam kasus korupsi pengadaan Simulator Surat Izin Mengemudi (SIM) Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Nanan diperiksa sebagai saksi, terkait jabatannya sebagai Kepala Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum). “(Kali ini) Saya dimintai keterangan untuk Brigjen Didik Purnomo,” ujar Nanan tak lama setelah tiba di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (09/07). Mantan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri itu tiba di kantor KPK sekitar pukul 09.00 WIB, mengenakan pakaian dinas.

Nanan mengaku sangat berharap kasus simulator SIM cepat selesai. “Saya tidak ingin tahu siapa yang diperiksa, yang pasti semoga kasus ini segera tuntas, terbuka, dan transparan,” ujarnya kepada wartawan.

Didik Purnomo terakhir tercatat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek pengadaan simulator SIM di Korlantas Polri. Sebagai PPK, Didik diduga menandatangani nota kesepakatan harga simulator roda dua dan roda empat tersebut. Kesepakatan yang pada akhirnya terkuak, merugikan negara Rp 144 miliar. Didik ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK tahun lalu, dengan pengenaan Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 UU jo Pasal 55 Ayat (1) kesatu jo pasal 56 KUHP. (MSR)