Pemprov DKI Beli Akses Jalan Menuju SMP 289

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, berencana akan membeli lahan untuk akses jalan menuju SMP Negeri 289 Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara. Hal ini dilakukan sebagai respon atas langkah warga yang menyegel jalan menuju sekolah tersebut.

Mantan wali kota Solo itu juga akan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum (PU) karena dianggap lebih profesional dalam membangun jalan, mengingat jalan yang mau dibebaskan merupakan empang dan rawa-rawa.

“Akses jalan yang ditutup warga itu memang bukan milik Pemprov DKI Jakarta, tapi Pak Jokowi sudah mengupayakan membuka akses baru. Dinas PU akan segera membantu membuka jalan itu agar segera dan secepatnya bisa digunakan seperti semula, sehingga masyarakat umumnya dan sekolah SMP 289 Cilincing bisa segera menggunakan jalan itu. Semuanya demi kebaikan warga juga,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Taufik Yudi Mulyanto, saat ditemui wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (9/7).

Ia mengeluhkan penyegelan yang dilakukan warga tersebut karena menghambat jalan bagi siswa SMP 289 Cilincing. Tidak hanya itu, katanya, siswa SD juga mengalami kendala gara-gara jalan yang disegel warga.

“Seratus persen siswa SD itu dari Kelurahan Sukapura. Sementara tahun ini, ajaran baru 2013-2014 sudah dijalankan, siswanya ada sekitar 298 siswa. Makanya, penyegelan jalan yang dilakukan warga ini sudah menghambat jalannya warga yang lain, terutama bagi siswa SMP dan SD,” ujar Taufik.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa dirinya mendapat arahan agar saat melakukan pembangunan dengan akses jalan yang sulit, maka dianggarkan secara terpadu pada dinas teknik yang melaksanakan pembangunan.

Sebagaimana diberitakan, hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berniat untuk menyambangi SMP 289 Cilincing untuk mengetahui secara langsung akar permasalahan pemblokiran jalan menuju sekolah tersebut. (HST).