Tips: Yuk Ajak Si Kecil Latihan Puasa

Foto/Ilustrasi: edukasi.kompasiana.com

Jakarta, Sayangi.com – Tak terasa, esok umat islam akan kembali bertemu dengan bulan penuh berkah dan menjalankah ibadah puasa. Puasa menahan lapar, haus dan hawa nafsu memang menjadi hal yang memberatkan dan menakutkan untuk anak-anak. Tapi, tentu saja bukan berarti kita tidak mampu melatihnya untuk menjalankan ibadah wajib satu ini. Meski belum wajib untuk anak kecil yang belum baligh, namun mengajarkan mereka puasa sedini mungkin juga membantu anak-anak memahami kewajiban agama islam secara lebih dekat. Biar tak lagi bingung, Yuk simak tips yang berhasil diramu tim Sayangi.com untuk mengajak sang buah hati latihan puasa.

1. Jelaskan makna Ramadan

Apa itu Ramadan? Jelaskan kepada anak dengan bahasa yang ringan dan mudah dicerna mengenai konsep Ramadan. Dari penjelasan tersebut diharapkan anak bisa merasakan semangat dari Ramadan itu sendiri. Jika buah hati kita sudah mulai mengerti penyebab mengapa umat islam harus menjalankan ibadah puasa dan apa faedah puasa, mereka akan secara otomatis mau mulai belajar untuk melakukan puasa, bahkan tak jarang pula, justru mereka yang meminta untuk ikut berpuasa.

2. Berikan contoh baik pada si kecil

Cobalah untuk mengontrol hawa nafsu kita dengan tetap segar dan beraktivitas seperti biasa saat menjalankan ibadah puasa. Bila perlu ajak dia melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti memasak hidangan pembuka untuk buka puasa atau bermain teka-teki saat waktu sudah dekat dengan buka puasa.

3. Ajarilah puasa secara bertahap

Jangan langsung mengajak si kecil puasa langsung puasa penuh hingga maghrib menjelang. Hal itu akan membuat mereka merasa sangat tersiksa. Cobalah mengajarinya dengan berpuasa mulai dari saat sahur sampai dengan pukul 10 pagi. Sementara 3 hari berjalan, kita mulai mengajarkannya berpuasa hingga pukul 12 siang. Usai berpuka tengah hari, si kecil bisa kembali berpuasa hingga maghrib tiba. Lakukanlah dengan bertahap sampai si kecil mampu berpuasa satu bulan penuh dengan puasa maghrib.

4. Berikan asupan gizi dan reward yang cukup

Berikan selalu semangat pada si kecil jika kita sudah melihat ia terlihat lemas dan kurang bersemangat. Pastikan asupan gizi mereka cukup sehingga ia tidak kehilangan tenaga saat menjalankan puasa. Berikan juga si kecil iming-iming makanan menarik untuk buka puasa agar mereka terpacu untuk mendapatkan reward jika puasanya sampai maghrib. Selamat mencoba tips ya bu… Semoga bermanfaat. (berbagai sumber)