Pertamina: Pasokan BBM dan LPG Selama Ramadhan Aman

Foto: Sayangi.com/Nurfahmi

Jakarta, Sayangi.com – PT Pertamina (Persero) siap mengamankan pasokan BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2013.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menegaskan, permintaan masyarakat akan BBM, khususnya Premium dan LPG diperkirakan meningkat, terutama pada periode 15 hari sebelum dan sesudah lebaran.

“Dalam prediksi Pertamina, selaku salah satu badan penyalur, permintaan Premium diperkirakan akan naik sekitar 14% dari rata-rata penyaluran harian normal, menjadi sekitar 91.830 kl per hari karena meningkatnya aktivitas masyarakat, baik untuk keperluan bekerja, silaturahmi, maupun mudik lebaran,” paparnya saat jumpa pers di Kantor Pertamina, Selasa (9/7) siang.

Ali menambahkan, untuk permintaan Solar diproyeksi turun sekitar 5% di bawah rata-rata penyaluran normal menjadi 38.628 kl per hari, terutama dipicu oleh berkurangnya pergerakan angkutan barang selama masa mudik lebaran. Peningkatan aktivitas memasak selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, kata dia, akan mendongkrak permintaan LPG hingga 20%.

“Terkait dengan proyeksi permintaan BBM dan LPG masyarakat selama masa Ramadhan dan Lebaran 2013, Pertamina telah melakukan berbagai upaya antisipasi guna mengamankan pasokan bahan bakar tersebut untuk masyarakat,” terangnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masih menurut Ali, titik kritis dari permintaan BBM dan LPG akan terjadi pada masa 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran.

“Berbagai langkah ditempuh Pertamina, baik yang dilakukan atas inisiatif sendiri, maupun bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait, seperti Kementerian ESDM, Kepolisian, dan DLLAJ,” demikian Ali Mundakir. (MSR)