Waspada!!! Berjemur di Panas Matahari bisa Merusak Kulitmu

Foto/Ilustrasi: mykonosticker.com

Jakarta, Sayangi.com – Ingin cantik dan mendapatkan kulit kecoklatan yang seksi ala artis hollywood, atau sekedar ingin menghabiskan waktu di pantai dengan berjemur? Hati-hati, bukan mendapat kulit yang coklat menarik, sel-sel kulit kita justru mengalami kerusakan. Untuk kita, kita harus ekstra hati-hati.

Dalam kasus kulit terbakar atau sun burn memang terdapat beberapa level atau tingkatan. Yang pertama, ketika cahaya matahari hanya berefek pada lapisan epidermis saja. Level kedua efek terbakar tersebut akan menimbulkan bekas yang tidak dapat dihilangkan pada kulit dan level paling parah adalah dimana cahaya matahari dapat berimbas hingga lapisan kukit terdalam sehingga mengakibatkan kulit menjadi melepuh. Selain itu, kebanyakan terpapar dibawah sinar matahari ternyata dapat membuat kulit anda cepat menua. Jika anda ingin tetap tampil cantik segar dan bugar di usia 50 tahun keatas, maka anda harus banyak mengkonsumsi produk-produk perawatan yang melindungi kulit anda dari sinar matahari.

Terbakar matahari atau sun burn ternyata tidak berpengaruh terhadap warna kulit yang kita punya. Tidak saja si pemilik kulit putih yang akan terlihat jelas apabila terkena sun burn yang meninggalkan bekas di kulit anda. Ternyata orang dengan kulit hitampun tetap akan terkena dampak sinar matahari, Cuma karena hitamnya warna kulit mereka, maka noda hitam pada kulitnya akibat terbakar sinar matahari tidak terlalu terlihat. Akan tetapi memang sebenarnya efek cahaya matahari berimbas lebih cepat pada orang dengan kulit cerah, ini disebabkan karena mereka yang memiliki kulit cerah memiliki lebih sedikit zat melanin pada kulit mereka dibandingkan dengan kulit hitam.

Karena itu jika anda hendak keluar ruangan disaat matahari sedang panas atau ketika anda hendak menghabiskan waktu dipantai dengan berjmur, cobalah untuk membawa lotion tabir surya, topi, kacamata hitam, lip balm. Hal-hal tersebut akan sedikit mengurangi dampak dari sun burn. Jika anda sudah terlanjur terkena sun burn, maka cobalah beberapa cara dibawah ini :

1.Untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri,cobalah untuk meminum aspirin atau ibuprofen yang memang biasa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri terbakar akibat sun burn

2. Untuk mendinginkan daerah sekitar yang terbakar, mandilah dengan menggunakan air dingin. Atau kalau memang memilih untuk tidak mandi, bisa juga dilakukan dengan mengkompress bagian tubuh yang terkena sun burn

3. Gunakan cream yang mengandung lotion yang mengandung aloe vera

4. Pakailah cortison cream yang dapat mengurangi dampak terbakar akibat sun burn

5. Untuk menghindari dehidrasi, cobalah untuk minum air putih yang banyak
Semoga bermanfaat (FIT/berbagaisumber)